Lihat ke Halaman Asli

Perumahan Hijau Modern di BSD City

Diperbarui: 26 Juni 2015   19:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

RumahdanProperti.com - Perumahan modern dan penuh dengan sentuhan teknologi sedang dikembangkan oleh pengembang PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tbk dan kali ini BSD tidak hanya mengandalkan sentuhan modern dan keunggulan teknologi tersebut, namun juga mengembangkan kawasan permukiman yang berorientasi pada ruang terbuka hijau.

"Proyek pertama pengembangan BSD City adalah membangun Kawasan Hunian Foresta dengan sejumlah cluster antara lain Albera, Viore, Allevare, dan Giardina, Primavera, serta cluster kembar (twin cluster) Fresco-Aria. Kawasan Foresta pada umumnya dikembangkan sebagai sebuah kawasan hijau. Di Foresta terdapat hutan kota seluas  4,5 hektar yang ditambah dengan berbagai fasilitas seperti sport club yang dilengkapi dengan swimming pool dan pusat kebugaran,  jogging track, cycling path (jalur sepeda), serta  fasilitas putting green, 3 on 3 basketball,  dan taman-taman serta pedestrian yang lebar dan nyaman," kata Idham Muchlis, Senior Manager Corporate Communications PT BSD Tbk, hari Senin (23/11).

Salah satu produk unggulan Kawasan Foresta adalah cluster Fresco-Aria. Nama cluster tersebut diambil dari bahasa Itali dimana Fresco berarti segar dan Aria berarti udara. Makna kedua nama cluster tersebut juga mencerminkan konsep cluster hijau yang diajukan, yaitu cluster yang penuh dengan kesegaran, kesejukan dan kenyamanan.

Konsep segar dan sejuk serta kenyamanan tersebut dituangkan dalam ketersediaan lahan terbukan hijau (green open area) yang tersebar di dalam cluster Fresco-Aria seluas 10.000 meter persegi. Pihak BSD mengklaim dengan adanya ruang terbuka hijau yang luasnya kurang lebih dua kali lapangan sepak bola ini dapat menekan konsentrasi debu di udara hingga 75 persen sehingga kualitas udara lebih bersih.

Keberadaan lahan terbuka hijau seluas 10.000 m persegi juga dapat menghasilkan sedikitnya 200 kg oksigen (O2) setiap hari, yang  setara dengan kebutuhan oksigen 450 orang dewasa setiap harinya. Maka tepat jika  cluster Fresco–Aria merupakan cluster terhijau di kawasan terhijau di BSD City.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline