Lihat ke Halaman Asli

Rumah Zakat Surabaya

Non-Profit Organizations

Antusias Berdaya bersama PT. Paragon dan Rumah Zakat, Lansia Tak Habis Semangat Belajar Membuat Sabun Lerak

Diperbarui: 27 November 2023   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

SURABAYA--Jika karang taruna Desa Berdaya Jemur Wonosari semangat berkegiatan, maka tidak ketinggalan juga para lansianya. Usia tidak menjadi kendala bagi mereka untuk terus belajar, salah satunya pada kelas lansia, Sabtu (25/11) di Kebun Gizi Lansia, Jalan Wonocolo Pabrik Kulit, Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya. Kelas lansia kali ini, peserta belajar membuat sabun lerak.
"Sabun lerak produk ramah lingkungan yang sangat mudah untuk dibuat. Dengan sabun lerak, kita bisa menyelamatkan banyak hal, mulai dari penghematan air sebab sekali bilas langsung bersih, jugamenjaga kelestarian lingkungan dari limbah sabun kimia. Untuk lansia, materi ini sangat mudah untuk diaplikasikan," jelas Tri Wie, pemateri kelas lansia bulan ini.

dokpri

Dimulai pukul 06.00 WIB, kegiatan lansia dimulai dengan senam pagi yang biasa diadakan rutin setiap hari Sabtu. Selesai senam, lansia bergeser menuju Warung Keboen Joss yang tepat berdampingan dengan Kebun Gizi Lansia. Dengan penuh antusias para lansia menyimak materi dan praktik yang didampingi langsung oleh tim pemateri.
"Biar tidak bosan, kita selang-seling materi kelas lansianya. Kadang tentang kesehatan fisik, mental, juga kita selingi dengan ilmu-ilmu kreasi lain salah satunya membuat sabun lerak ini. Biasanya, usia lansia rentan dengan rasa kesepian. Harapannya pertemuan rutin dengan ragam acara ini bisa menjadi asupan sekaligus hiburan untuk mereka. Kita juga ramaikan acaranya dengan doorprize minyak goreng dan lain sebagainya," jelas Munawarah, program eksekutor Rumah Zakat Surabaya.
Kelas lansia ini dilengkapi dengan pemberian makanan tambahan. Berakhir pukul 09.00 WIB, acara ditutup dengan pembagian sabun lerak. Penuh semangat para lansia juga meminta untuk pertemuan berikutnya belajar tentang pembuatan sabun batang dengan memberdayakan minyak jelantah.

dokpri


#Surabaya
#Paragon
#lansia
#desaberdaya
#kelaslansia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline