Lihat ke Halaman Asli

Rully Novrianto

A Man (XY) and A Mind Besides Itself

Uang dan Persahabatan, Pelajaran dari Seleb yang Ditipu Sahabatnya

Diperbarui: 5 September 2024   16:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Karolina Kaboompics: www.pexels.com

Baru-baru ini ada berita mengenai selebriti yang ditipu teman dekatnya sejumlah 15 miliar lewat kedok investasi. Kejadian seperti Itu nggak cuma terjadi sekali dua kali. Ada banyak selebriti atau mungkin kamu sendiri pernah mengalami hal serupa.

Saya jadi teringat oleh nasihat ayah saya yang pernah mengatakan, "Kalau mau persahabatan awet, jangan pernah bawa-bawa urusan uang."

Uang, Akar Segala Kejahatan

Coba bayangkan, kamu punya sahabat yang sudah kenal lama dan dipercaya bertahun-tahun, tiba-tiba malah menghancurkan kepercayaan itu hanya karena uang.

Kasus yang sering terjadi adalah mereka terlalu mempercayakan semuanya ke sahabat terdekat. Sayangnya, nggak semua orang bisa tahan godaan uang.

Kasus-kasus seperti ini sering berakhir tragis. Uang yang sudah dikumpulkan bertahun-tahun dan jadi simpanan untuk masa depan, hilang begitu saja dan nggak balik. Awalnya, mereka berpikir kalau persahabatan mereka kuat, tapi nyatanya uang bisa merusak semuanya.

Nasihat Ayah, Jangan Libatkan Uang dalam Persahabatan

Dari kecil, ayah saya selalu bilang, "Jangan pernah campur urusan uang sama persahabatan kalau ingin persahabatan langgeng."

Waktu itu saya berpikir, apa sih yang beliau maksud? Tapi makin ke sini, makin saya paham kalau urusan uang memang sering jadi sumber masalah, bahkan dalam hubungan yang paling akrab sekalipun.

Uang bisa merusak apa yang tadinya murni dan tulus. Coba deh, kamu pernah nggak merasa canggung setelah meminjamkan uang ke teman? Atau malah ada teman yang berubah sikap setelah kalian ada masalah soal duit?

Itu bukan hal yang aneh, karena uang bisa membuat kita melihat teman dengan cara yang berbeda, baik atau buruk.

Rasa Percaya yang Mulai Hilang

Ketika uang masuk dalam persahabatan, tidak jarang rasa percaya mulai terkikis. Bisa jadi karena salah satunya hobinya pinjam duit melulu, atau mungkin karena ada perasaan nggak enak karena utang yang belum terbayar. Apapun itu, uang bisa jadi pemicu renggangnya hubungan yang tadinya dekat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline