Lihat ke Halaman Asli

Rully Novrianto

A Man (XY) and A Mind Besides Itself

Mengungkap Jumlah Posting yang Ideal di Jejaring Sosial

Diperbarui: 30 Maret 2024   11:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Adem AY on Unsplash

Di era digital ini, jejaring sosial telah menjadi wadah yang ampuh untuk saling terhubung, berbagi informasi, dan membangun personal branding. Namun, banyak pelaku bisnis dan individu yang tidak tahu seberapa sering mereka harus mem-posting konten di setiap jejaring sosial? Pasalnya, membanjiri akun dengan konten bisa mengganggu audiens, sementara jika jarang posting malah membuat mereka terlupakan.

Neil Patel, seorang pakar digital marketing, lewat akun Instagram @neilpatel telah membagikan rahasia mengenai jumlah posting ideal di setiap jejaring sosial. Ia dan timnya telah menganalisa 332.490 akun jejaring sosial dalam 30 hari terakhir untuk mengetahui seberapa sering pengguna harus mem-posting di setiap jejaring sosial agar follower dan engagement-nya bertambah.

Siapakah Neil Patel?

neilpatel.com

Ia adalah seorang entrepreneur yang telah sukses mendirikan beberapa perusahaan digital besar, seperti Crazy Egg dan Hello Bar. Keahliannya dalam mengoptimalkan website dan meningkatkan traffic online sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, perusahaan-perusahaan raksasa seperti Amazon, GM, dan HP pun pernah menjadi kliennya.

Yang membuat Neil Patel spesial adalah semangat berbaginya. Berbeda dengan konsultan digital marketing kebanyakan yang pelit ilmu, Neil justru royal membagikan tips dan trik andalannya secara gratis. Website pribadinya, neilpatel.com, menjadi perpustakaan raksasa berisi artikel, video, dan tools gratis yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang ingin mendalami digital marketing .

Konten-konten Neil Patel itu segar, lugas, dan tidak bertele-tele.  Ia tak segan membongkar kesalahan-kesalahan digital marketing yang sering dilakukan pemula,  sekaligus memberikan solusi praktis yang bisa langsung diterapkan.

Tak heran, Neil Patel menjelma menjadi selebriti di dunia marketing digital.  Ia wara-wiri di berbagai konferensi, menjadi kolumnis di media ternama seperti Forbes dan Entrepreneur, dan bahkan dinobatkan sebagai salah satu dari 100 entrepreneur terbaik di bawah usia 30 oleh Presiden Obama.

Mengenal Karakteristik Masing-masing Platform

Kunci untuk menentukan frekuensi posting ideal terletak pada memahami karakteristik masing-masing jejaring sosial. Berikut rinciannya:

  • X

Posting-lah 3 kali atau lebih dalam sehari. Algoritma X tidak terpengaruh oleh nilai atau kualitas akun kamu seandainya pun kamu mem-posting konten yang tidak penting.

Jadi posting sebanyak mungkin ide yang kamu miliki dan gunakan platform ini untuk menguji apa yang berhasil, ambil yang berhasil, dan posting-lah di platform jejaring sosial lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline