Lihat ke Halaman Asli

Rully Novrianto

A Mind Besides Itself

StockCam, Inovasi Pintar atau Bodoh?

Diperbarui: 24 Juni 2023   10:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

stock-cam.com

Apakah kalian sudah pernah mendengar tentang StockCam? Ini adalah sebuah inovasi yang menurut saya pintar sekaligus bodoh.

StockCam adalah camera cage yang memiliki bentuk seperti senapan serbu, lengkap dengan popor dan pelatuk. Dari sini pasti kalian sudah bisa membayangkan dimana bodohnya.

Apa sih camera cage?

Pertama-tama saya ingin menjelaskan dulu tentang camera cage. Camera cage atau photography cage adalah sistem pemasangan yang memungkinkan penggunanya menempelkan aksesori video tertentu pada kamera seperti monitor eksternal, perekam, viewfinder, mikrofon, dan lain-lain.

Camera cage juga dapat membantu menstabilkan kamera dan melindungi kabel dari tertarik. Selain itu, camera cage juga dapat melindungi kamera dari kerusakan jika terjatuh.

Diklaim bisa memberikan pengalaman baru dalam fotografi

Produsen StockCam mengatakan bahwa camera cage ini bisa memberikan sudut pandang yang unik dan dramatis, serta menambah rasa percaya diri dan kebanggaan bagi penggunanya.

Ya, bagaimana tidak? Cara penggunaannya persis seperti senapan serbu. Kamera di-mount di posisi yang sama seperti scope pada senapan. Kemudian untuk menjepret foto dilakukan dengan menekan pelatuknya, persis seperti senapan.

Di sinilah letak kekonyolannya

Meski dilengkapi dengan beragam fungsionalitas yang menunjang aktivitas seorang fotografer, saya pikir ada banyak kekurangan dan risiko yang terkait dengan camera cage ini.

Yang paling jelas adalah bisa menimbulkan kesalahpahaman dan kepanikan di tempat umum. Bayangkan saja jika kalian melihat seseorang yang membawa alat berbentuk seperti senapan serbu di mall atau di bandara.

Belum lagi jika perangkat ini digunakan untuk meliput acara yang dihadiri orang penting yang ada banyak penjagaan di sana. Menurut kamu apa yang akan dilakukan pihak keamanan jika melihat kamu mengeluarkan perangkat ini? Bukannya menembak foto, tapi mungkin justru kamu yang akan ditembak.

Mungkin, StockCam akan lebih tepat jika digunakan untuk fotografi alam. Itu pun juga kalau kamu bisa membawanya bepergian.

Jadi, apakah StockCam adalah sebuah inovasi yang bodoh atau pintar? Menurut saya, perangkat ini lebih cenderung bodoh daripada pintar. Saya tidak merekomendasikan kalian untuk membeli atau mencobanya. Saya rasa ada banyak pilihan kamera lain yang lebih baik dan lebih aman di pasaran. Tapi, jika kalian penasaran dan ingin mencoba sensasi berbeda, silakan saja. Asalkan jangan lupa untuk berhati-hati dan bertanggung jawab ya!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline