Lihat ke Halaman Asli

Mangunsong Rully

Pemerhati SosPolEkBud

Barry Manilow: Dari Anak Brooklyn hingga Menjadi Legenda Musik Dunia

Diperbarui: 17 Juni 2024   08:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

wsj.com

Barry Manilow: Dari Anak Brooklyn hingga Menjadi Legenda Musik Dunia 

Barry Manilow, seorang penyanyi legenda musik pop, penulis lagu, dan produser legendaris, merayakan ulang tahunnya yang ke-81 hari ini. Perjalanan hidupnya dari seorang anak di Brooklyn hingga menjadi penyanyi terkenal dunia penuh dengan kisah inspiratif dan menarik. Mari kita telusuri lebih dalam perjalanan hidup Barry Manilow, cerita-cerita menarik di balik kehidupannya, dan lagu-lagu top hits yang telah menorehkan namanya dalam sejarah musik.

Masa Kecil di Brooklyn

Barry Manilow lahir dengan nama Barry Alan Pincus pada 17 Juni 1943, di Brooklyn, New York. Sejak kecil, Barry sudah menunjukkan minat besar dalam musik. Setelah orang tuanya bercerai, Barry mengambil nama belakang ibunya, Manilow. Ia dibesarkan oleh ibunya, Edna Manilow, dan kakek-nenek dari pihak ibu. Ketika berusia tujuh tahun, Barry mulai belajar bermain piano, yang menjadi dasar dari karir musiknya yang cemerlang.

Perjalanan Menuju Ketenaran

Setelah lulus dari Eastern District High School, Manilow melanjutkan pendidikannya di New York College of Music dan kemudian melanjutkan pendidikan musiknya di Juilliard School, sebuah institusi bergengsi untuk seni pertunjukan. Sambil menimba ilmu, Barry bekerja di CBS untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Karirnya di dunia musik dimulai sebagai penulis jingle iklan yang sukses, salah satu yang terkenal adalah "Like a good neighbor, State Farm is there".

Barry memulai debut albumnya pada tahun 1973 dengan album bertajuk "Barry Manilow I". Namun, kesuksesan besar mulai datang ketika ia merilis album keduanya, "Barry Manilow II", pada tahun 1974, yang menampilkan lagu hit "Mandy". Lagu ini menjadi nomor satu di Billboard Hot 100, menandai awal dari serangkaian lagu hits yang akan datang.

Kisah Menarik dalam Kehidupannya

Selain karir musik yang gemilang, kehidupan pribadi Barry juga penuh dengan cerita menarik. Salah satu kisah yang menonjol adalah persahabatannya dengan penyanyi legendaris, Bette Midler. Barry menjadi direktur musik dan arranger untuk Bette di awal karirnya, dan mereka sering tampil bersama di Continental Baths, sebuah klub terkenal di New York pada era 70-an.

Barry juga dikenal sebagai sosok yang sangat peduli terhadap para penggemarnya. Pada tahun 1980-an, ketika AIDS menjadi epidemi yang menakutkan, Barry secara aktif terlibat dalam penggalangan dana untuk penelitian dan bantuan bagi mereka yang terkena dampaknya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline