Lihat ke Halaman Asli

Rulla Hasna

Mahasiswa UNDIP

Mahasiswa KKN Tim II Undip Mengajak Masyarakat Berpartisipasi sebagai Nasabah di Bank Sampah Tunjung Seto Bae Kudus

Diperbarui: 15 Agustus 2022   00:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN UNDIP Membagikan Tong Sampah Pilah Organik dan Anorganik di Rumah Warga Desa Bae RT 02 RW 02, Kudus/dokpri

Desa Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus (10/08/2022) – Menurut Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 menyatakan Bank sampah adalah tempat pemilahan dan pengumpulan sampah yang dapat didaur ulang dan/atau diguna ulang yang memiliki nilai ekonomi. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2021 pengelolaan sampah perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir dengan pendekatan ekonomi sirkular oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat, sehingga memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat, dan aman bagi lingkungan. 

Desa Bae memiliki potensi di bidang lingkungan yaitu program Bank Sampah Tunjung Seto. Keberadaan bank sampah telah mengubah kesadaran warga Desa Bae dalam menjaga kebersihan lingkungan. Meskipun Bank Sampah Tunjung Seto menjadi program unggulan di Desa Bae. 

Namun, ternyata masih ditemukan permasalahan yaitu partisipasi masyarakat desa Bae yang masih tergolong kurang atau rendah dalam pengembangan bank sampah yang merupakan BUMDes. 

3 Mahasiswa KKN UNDIP Berpartisipasi Langsung dalam Membantu Kegiatan Pengelolaan Bank Sampah Tunjung Seto Bae Kudus/dokpri

Mengetahui hal tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Kecamatan Bae menyelenggarakan program monodisiplin mengenai “Penyediaan Sarana Tong Sampah Pilah untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat sebagai Nasabah Bank Sampah dan Memilah Sampah”,

dalam rangka mengupayakan pencapaian SDGs tujuan ke-12 yaitu Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab dan Berkelanjutan sekaligus mendorong masyarakat untuk mengurangi sampah melalui metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle), mengelola sampah berdasarkan jenisnya, serta mengoptimalisasi sumber daya lingkungan melalui peningkatan partisipasi masyarakat sebagai nasabah bank sampah.

 Mahasiswa melakukan program Penyediaan Sarana Tong Sampah Pilah untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat sebagai Nasabah Bank Sampah dan Memilah Sampah melalui kegiatan penyetoran bank sampah di masing-masing posko untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat (07/08). 

Mahasiswa juga menyediakan tong sampah pilah organik dan anorganik dari bekas kaleng cat yang didaur ulang melalui pengecatan (10/08). Sasaran utama program ini adalah masyarakat Desa Bae RT 02 RW 02 (diutamakan yang belum menjadi nasabah Bank Sampah Tunjung Seto Bae). Kegiatan ini ditempatkan di posko tiap RW Desa Bae dan dilakukan secara door to door ke 3 Rumah Warga Desa Bae RT 02 RW 02. 

Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Penempelan Poster "Ayo Menabung Sampah di Bank Sampah!" Melalui Media Warga di Taman Aksi dan Kreasi Desa Bae Kudus/dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline