Lihat ke Halaman Asli

Siti Rukoyah

Mahasiswa

Tanamkan Jiwa Pancasila, Mahasiswa Giat 5 Unnes Ajak Anak-Anak Desa Genito Mewarnai Gambar Pancasila

Diperbarui: 30 Agustus 2023   00:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Mahasiwa Giat 5 Universitas Negeri Semarang tanamkan Pancasila melalui kegiatan mewarnai untuk anak-anak di Desa Genito, Kamis (12/7/2023). Kegiatan mewarnai Pancasila bertempat di posko Giat 5 Unnes Desa Genito, Kecamatan Windusari. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan Pancasila sejak dini kepada anak-anak di Desa Genito.

Pancasila memiliki makna dan fungsi yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Tidak hanya sebagai dasar untuk segala hal yang berkenaan dengan hukum dan pemerintahan, namun juga sebagai landasan moral dalam kehidupan pribadi maupun masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-sehari sebagai bangsa Indonesia. Pancasila sebagai simbol persatuan dan kesatuan negara Indonesia yang memiliki keberagaraman suku, ras, agama dan budaya.

Dokumentasi pribadi

Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa harus dikenalkan dan ditanamkan jiwa Pancasila sejak dini, sehingga mereka akan terbiasa tumbuh dengan nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu Mahasiswa Giat 5 Universitas Negeri Semarang mengajak anak-anak di Desa Genito untuk mewarnai gambar Pancasila.

Mewarnai gambar Pancasila merupakan bagian dari program kerja bimbingan belajar rutin yang diadakan setiap hari senin, rabu dan jum'at selama masa Giat 5.  Kegiatan ini diikuti oleh anak -anak TK dan SD/MI kelas 1, 2 dan 3. Kegiatan dibuka dengan anak-anak secara bersama-sama menyanyikan lagu nasional Garuda Pancasila dan melafalkan Pancasila dari sila 1 sampai 5. Berikutnya anak-anak mewarnai gambar pancasila yang dibagikan oleh Tim Giat 5 Unnes. Anak-anak terlihat sangat saat antusias.

Dokumentasi pribadi

Melalui kegiatan mewarnai ini, diharapkan dapat mengenalkan dan memberikan pengetahuan tentang Pancasila kepada anak-anak, dimana nantinya nilai-nilai Pancasila dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline