Lihat ke Halaman Asli

Siti DillaAlawiyah

Mahasiswa Sastra Inggris UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pengaplikasian Profil Pancasila Pertama dalam Pelajaran Bahasa Inggris VII Berbasis Kurikulum Merdeka

Diperbarui: 21 November 2022   21:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nadiem Makarim (2022) mengatakan bahwa profil pancasila adalah bekal untuk menggapai cita-cita di masa depan sesuai dengan minat dan potensi pelajar. Sesuai dengan semangat merdeka belajar, sekarang tidak ada lagi batasan untuk bermimpi.

Profil pancasila pertama yaitu beriman, bertakwa kepada tuhan YME, dan berakhlak mulia, dan terdapat lima elemen di dalamnya. Selain itu, buku mata pelajaran bahasa Inggris kelas VII berbasis kurikulum merdeka terdapat lima bab yang mencakup perkenalan, cara membuat sesuatu atau prosedur, dongeng, messaging, iklan, mengungkapkan perasaan, serta mengungkapkan kebutuhan dan keinginan.

Direktorat Kemendikbud Ristek (24/7/2022) menyampaikan lima elemen sikap pelajar pancasila yang diharapkan ketika mengaplikasikan profil pancasila poin pertama, yaitu akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara.

Elemen yang pertama dalam poin pertama profil panasila adalah akhlak beragama, pengajar bisa menerapkan membaca Alquran untuk yang muslim, sebelum memulai mata pelajaran di kelas sekurang-kurangnya satu ayat atau satu surat pendek. Selain itu, bisa mengaplikasikannya juga dalam materi pembahasan buku mata pelajarannya. 

Contohnya bagian pengenalan di bab satu, pengajar bisa menambahkan dialognya dengan yang berkhas keagamaan. Dengan begitu, siswa akan mengetahui bahwa keagamaan sangat penting dalam kehidupannya, dan berharap bisa diaplikasikan dalam kehidupannya suatu saat.

Elemen yang kedua adalah akhlak pribadi. Pengajar dapat mengaplikasikannya dalam materi messaging. Yaitu menambahkan untuk mengarahkan siswa ketika mengirim pesan atau menerima pesan, mereka harus menggunakan kata-kata yang sopan dan tidak berbohong. Dengan begitu, siswa akan terbiasa menanamkan sifat kejujuran dalam dirinya.

Elemen yang ketiga adalah akhlak kepada manusia. Elemen ini sangat penting untuk diaplikasikan oleh pengajar, karena manusia pada dasarnya hidup bersosial. Pada bagian ini, pengajar bisa mengaplikasikannya dalam materi cara mengungkapkan perasaan (feeling). Untuk bekal mereka hidup bersosial nantinya, pengajar bisa mengarahkan bagaimana cara mengungkapkan sesuatu kepada orang lain dengan sopan, dan ramah. Selain itu, bisa menghargai sesama manusia.

Elemen yang keempat adalah akhlak kepada alam. Akan sangat cocok ketika elemen ini disiratkan dalam materi iklan pada buku mata pelajaran bahasa Inggris kelas VII yang berbasis kurikulum merdeka. Karena pengajar akan sangat mudah menggambarkan kepada mereka untuk mengaplikasikannya. 

Contohnya dengan membuat iklan yang menarik tentang alam yaitu mengiklankan produk tempat sampah organik dan non organik. Dan mereka mencontohkannya di lingkungan sekitar sekolah terlebih dahulu. 

Dengan begitu, mereka akan lebih menyenangkan melakukannya, karena mengetahui hal yang baru yaitu membedakan sampah organik dan non organik. Ketika hal ini berhasil di aplikaskan, maka mereka sudah mencintai dan belajar menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

Elemen yang terakhir yaitu akhlak bernegara. Salah satu tujuan dari elemen ini yaitu menjadikan pelajar bertingkah sebagai warga negara yang baik dan tidak melawan hukum. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline