Lihat ke Halaman Asli

RUHIL AMANI

mahasiswa

Memupuk Semangat Belajar Pada Siswa Sejak Usia Dini Bersama Kampus Mengajar

Diperbarui: 5 Januari 2024   07:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Mentri Pendidian Indonesia menciptakan program kampus mengajar yang berisi tentang kegiatan mahasiswa mengajar di sekolah 3T yang biasanya tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Para mahasiswa dari berbagai daerah khususnya mahasiswa Universitas Islam Malang (UNISMA) juga turut andil dalam upaya membantu sekolah-sekolah 3T agar selangkah lebih dekat dengan teknologi.

Kegiatan Kampus Mengajar ini berlangsung sekitar kurang lebih 5 bulan, tepatnya di SDN 02 Kebonan Lumajang. Kegiatan kampus mengajar ini tak hanya di isi oleh mahasiswa dari satu perguruan tinggi saja, namun dari berbagai perguruan tinggi yang lain seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Jember. Sehingga selain menambah relasi, para mahasiswa juga bisa bertukar pendapat terkait rencana dalan membantu sekolah.

Dalam kegiatan sehari-harinya, mahasiswa ditugaskan untuk langsung turun lapangan dalam mengajar para murid di sekolah dan mengajar mereka dengan nuansa baru yang belum mereka dapatkan sebelumnya. Seperti belajar menggunakan laptop, belajar conversation dalam bahasa inggris, belajar membaca dengan lebih mudah dan banyak hal lainnya. 

Selain itu, masing-masing siswa juga di wajibkan untuk menciptakan program masing-masing guna meningkatkan kualitas baik pada pembelajaran maupun pada fasilitas sekolah. Beberapa program tersebut ternyata sedikit berdampak baik bagi murid, guru maupun sekolah. Karena di SDN 02 Kebonan masih banyak siswa yang belum bisa membaca, para mahasiswa mendampingi setiap kelas untuk melaksanakan program literasi setiap pagi sebelum memulai kelas. Program tersebut berisi kan dengan kegiatan membaca setiap pagi sebelum memulai pelajaran guna meningkatkan minat dan bakat siswa dalam membaca.

Dok. pribadi

Program kegiatan Kampus Mengajar yang di luncurkan oleh mentri pendidikan Indonesia memberi banyak manfaat tidak hanya pada pihak sekolah yang merasa terbantu dengan penambahan pembelajaran yang efektif, bertambahnya sarana dan prasarana juga membantu para mahasiswa menambah relasi dengan mahasiswa lain dari berbagai kampus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline