Lihat ke Halaman Asli

Ruhi Adilah

Hallo!! Selamat datang di halaman Kompasiana ku.

Keterampilan Sosial-Emosional Penting Dimiliki oleh Anak-anak

Diperbarui: 2 April 2018   23:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Salah satu keterampilan sosial-ekonomi Al terpenting yang perlu dimiliki anak-anak adalah kemampuan untuk mengendalikan dorongan dan keinginan mendesak mereka.

Darimana keterampilan ini berasal? Sebagian berasal dari temperamen dan kepribadian, karena anak-anak yang dapat mengendalikan emosi dan dorongan mereka biasanya juga dapat melakukan hal yang sama di berbagai situasi.

Anak-anak dapat belajar meningkatkan kemampuan mereka dalam menunda kepuasan dengan cara berfokus pada keuntungan yang bisa mereka dapatkan nantinya, dengan tidak fokus pada hadiah yang menarik itu, dan secara mental "mendinginkan" fitur yang panas dan menarik dari hadiah tersebut. Sebagian lagi berasal dari cara orang tua mereka memperlakukan mereka.

Sebuah penelitian mengeksplorasi hubungan di antara disiplin orang tua, kontrol diri anak, dan munculnya hati nurani. Anak-anak yang paling mampu mengatur dorongan mereka diawal kehidupannya memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk terlibat masalah di kemudian hari, seperti perkelahian atau menghancurkan benda ,dan mereka memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk memiliki nilai yang baik dalam hal hati nurani.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline