Lihat ke Halaman Asli

Rufaidahalans23

Guru dan mahasiswa

Membangun Keteladanan Pendidik

Diperbarui: 20 September 2022   20:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada dasarnya menjadi sosok teladan bagi anak didik adalah hal penting. Terlebih hubungan antara pendidik dengan peserta didik. Apalagi Anak-anak memiliki kecenderungan untuk meniru orang terdekatnya. Melihat dari itu, Menjadi sosok teladan adalah hal urgent bagi para guru terutama di tingkat TK dan SD. 

Realita nya, Menjadi teladan bukanlah hal mudah. Padahal menjadi teladan bagi peserta didik adalah kunci sukses nya sang pendidik. Menjadi teladan tentu harus membuat sang guru harus pandai mengontrol diri, Menjaga sikap dan tentunya adab. 

Untuk langkah awal menjadi teladan bagi peserta didik adalah ikhlas. Ya, ikhlas. Sebuah kata yang mudah di ucapkan namun  sulit di praktek kan, Tapi percayalah itu tidak mustahil. 

Pada dasarnya, Keteladanan itu bersumber dari hati yang akan berdampak pada perbuatan. Untuk menjadi teladan memerlukan ke ikhlasan totalitas menjadi guru. Tidak mementingkan nominal besar kecilnya  gaji, Tapi ikhlas menjadi guru untuk membangun anak didik nya menjadi  orang sukses dunia akhirat. 

Memperbaiki ibadah juga perlu. Karna keteladanan terpancar dari sikap dan kebiasaan. 

Sukses menjadi teladan bagi anak. Jangan untuk dilihat, Tapi jadilah teladan untuk diri sendiri dan biarkanlah hal itu terpancar sehingga dapat dirasakan peserta didik. 

     

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline