Lihat ke Halaman Asli

Rudy W

dibuang sayang

Juni Istimewa, Bulan Bung Karno dan Kelahiran 3 Presiden RI Lainnya

Diperbarui: 3 Juni 2021   10:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bung Karno sang proklamator (merdeka.com)


Bulan Juni adalah bulan istimewa terkait dengan para pemimpin negara kita. Ada empat dari 7 Presiden RI yang lahir di bulan ini.

Yang pertama adalah Ir Soekarno (6 Juni 1901), kemudian Soeharto (8 Juni 1921), BJ Habibie (25 Juni 1936), dan Joko Widodo (21 Juni 1961).

Sejak beberapa waktu lalu, setiap tanggal 1 Juni juga diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Juni, khususnya bagi Soekarno, bahkan lebih istimewa lagi. Pada bulan ini, tepatnya pada tanggal 21 Juni 1970 adalah hari kematian sang proklamator besar. Soekarno wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat pada sekitar jam 07.00 pagi WIB dalam usianya yang ke 69 tahun.

Tanggal 1 Juni kemarin juga identik dengan Soekarno ini, presiden pertama RI.

Sebelum Soekarno dan Mohammad Hatta memproklamirkan Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945, sebelumnya pada 1 Juni tahun itu juga (1945), Soekarno menggagas dasar negara Indonesia yang disebut dengan Pancasila.

Hingga kini Soekarno dianggap sebagai penggali, pelopor, dan penggagas Pancasila. Tanggal 1 Juni adalah Hari Lahir Pancasila.

Dalam perjalanan hidupnya Bung Karno pernah mengidap penyakit ginjal dan pernah ke Wina dua kali yaitu tahun 1961 dan 1964.

Sebelum meletusnya peristiwa paling kelam dalam sejarah Indonesia yaitu Pemberontakan G 30 S PKI, kondisi kesehatan Soekarno dikabarkan mulai menurun, sejak Agustus 1965.

Prof. Dr. K. Fellinger dari Fakultas Kedokteran Wina pernah menyarankan agar ginjal sebelah kiri Soekarno diangkat. Akan tetapi Bung Karno menolaknya dan memilih upaya pengobatan tradisional.

Disentuh pengobatan tradisional seperti yang diinginkan, hanya bertahan lima tahun, Soekarno menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta dalam status sebagai tahanan politik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline