Lihat ke Halaman Asli

Rudy W

dibuang sayang

Dulu Ricky Yacobi dan Banur Sering Gantian Dipanggil Timnas

Diperbarui: 26 November 2020   10:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ricky Yacobi dan Bambang Nurdiansyah (sport.detik.com)


Bukan saja dunia persepakbolaan dalam negeri yang berdukacita atas meninggalnya Ricky Yacob (57) atau yang lebih dikenal dengan Ricky Yacobi. 

Seperti diketahui, pesepakbola legendaris Ricky Yacob mencetak gol terakhirnya di dunia fana pada hari Sabtu (17/11/2020) pagi. 

Ketika mantan pemain PSMS Medan dan Arseto Solo itu baru saja mencetak gol di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Ricky tidak bisa melanjutkan selebrasinya. Ketika dia hendak melaksanakan niatnya untuk selebrasi, tiba-tiba dia terjatuh dan tak sadarkan diri.

Setelah dilarikan ke RSAL Mintohardjo, Jakarta, Tuhan berkehendak lain, nyawanya tak tertolong lagi. Selamat jalan Ricky Yacob.

Pemain yang dijuluki Paul Breitner Indonesia itu dinyatakan meninggal dunia karena serangan jantung.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, juga turut berbelasungkawa atas kematian striker haus gol tersebut.

Dalam suratnya yang ditujukan ke Ketua Umum PSSI, Gianni mengatakan rasanya tak cukup untuk mengungkapkan kesedihan yang mendalam atas kehilangan ini. Gianni juga mengenang pria kelahiran Medan, 12 Maret 1963 itu telah bermain lebih dari 30 kali membela Timnas Indonesia. Ricky membawa Timnas Indonesia bersinar di era 1980an.

"Mewakili komunitas sepakbola internasional saya turut bersimpati yang amat dalam untuk PSSI, keluarga Yacob dan orang-orang terkasih yang ditinggalkan," tulis Gianni.

Prestasi yang paling menonjol yang disumbangkan Paul Breitner Indonesia ini ketika Indonesia berhasil mengantongi medali emas di SEA Games 1987. Saat itu Ricky Yacob dipercaya pelatih Bertje Matulapelwa sebagai kapten.

Ricky Yacob pun mencetak satu gol di semifinal ke gawang Myanmar.

Ricky Yacob juga membawa Indonesia menembus babak semifinal Asian Games 1986 di Korea Selatan. Di perempatfinal kala itu, Indonesia menyingkirkan UEA (Uni Emirat Arab) dengan skor 4-3 dalam babak adu penalti. Ricky mencetak satu gol.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline