Lihat ke Halaman Asli

Rudy W

dibuang sayang

Kisah Sedih Lin Dan yang Gagal Menjadi "Pengantin Emas Olimpiade" seperti Alan dan Susy

Diperbarui: 8 Juli 2020   10:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lin Dan dan Xie Xingfang (sports.okezone.com)

Sejak pertama ikut serta Olimpiade pada 1952, baru empat dekade kemudian Indonesia memperoleh medali emas pertamanya dari turnamen akbar empat tahunan tersebut.

Orang yang pertama kali mempersembahkannya adalah Susy Susanti dari cabang olahraga bulutangkis. Dan dalam hitungan jam kemudian Alan Budikusuma mempersembahkan medali emas kedua.

Susi Susanti dan Alan Budikusuma saat itu masih berstatus pacaran.

Bulutangkis memang baru resmi menjadi salah satu cabang olahraga Olimpiade pada tahun 1992 di Olimpiade Barcelona. Sebelumnya sejak 1972 hanya cabang ekshibisi.

Setelah Susy dan Alan menikah, media internasional menyebutkan suami istri Susy dan Alan sebagai "pengantin emas Olimpiade".

Susy, kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Pebruari 1971 menikah dengan Alan Budikusuma pada tahun 1997 setelah selama 9 tahun berpacaran.

Tidak dengan mudah akhirnya Susy Susanti mengalahkan Bang Soo Hyun dari Korea Selatan di partai puncak Olimpiade Barcelona, dengan skor 5-11, 11-5 dan 11-3.

Susy pun menguraikan air matanya ketika berdiri di podium seraya bendera merah putih dinaikkan dan lagu Indonesia Raya berkumandang. Susy emas.

Hanya dalam hitungan jam kemudian, pacar Susy, Alan Budikusuma juga merebut emas setelah di final mengalahkan sesama Indonesia, Ardy Bernardus Wiranata.

Sungguh fenomenal. Bahkan kisah Susy diangkat ke layar lebar dengan judul "Susy Susanti Love All".

Lin Dan dan Xie Xingfang

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline