Lihat ke Halaman Asli

Rudy W

dibuang sayang

Anies Akan Instruksikan PNS Menggunakan Kostum Persija

Diperbarui: 3 Juli 2019   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gubernur DKI Anies Baswedan (tirto.id)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang dekat dengan Persija Jakarta. Dan kedekatannya itu mulai terlihat sejak Anies memulai masa kampanyenya sebagai calon gubernur pada tahun 2007. 

Lantas pada Kamis (27/6/2019) lalu Gubernur Anies Baswedan mengundang Macan Kemayoran ke rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat untuk acara halal bihalal.

Anies pun meneruskan kedekatannya. Anies lantas mengeluarkan wacana menginstruksikan PNS di DKI untuk memakai kostum Persija pada "Persija Day". "Persija Day" adalah hari dimana Persija berlaga, khususnya pada laga kompetisi Liga 1 Shopee.

Seperti diketahui, kostum yang biasa dipakai oleh Persija adalah warna oranye. Macan Kemayoran menjadi kebanggaan warga Jakarta. Pada musim kompetisi 2018, Persija keluar sebagai juara 1. 

"Ya, pada hari Persija main, maka PNS memakai kostum Persija. Disainnya sedang dipersiapkan," kata Anies, Senin (1/7/2019) di DPRD DKI Jakarta.

Anies tak sendirian dalam hal ini. Ketua Fraksi Partai NasDem di DPRD DKI Bestari Barus mengatakan, Senin (1/7/2019), Fraksi NasDem DPRD DKI tak bermasalah dengan apa yang diwacanakan Gubernur DKI soal pemakaian kostum Persija pada "Persija Day". Namun Barus memberikan catatan kepada Gubernur, agar lebih diperhatikan lagi soal yang lebih penting, seumpama stadion. "Soal kaos sih oke-oke saja, tapi yang lebih penting lapangan pertandingan harus BMW (Bersih, Manusiawi, Wibawa). Soal operasional Persija juga penting," ujar Barus.

Barus juga menambahkan, kalau Anies membuat peraturan, pemakaian kostum bagi PNS itu jangan hangat-hangat di awalnya saja. Barus menjelaskan, dulu ada peraturan mengenakan baju Betawi di setiap hari Rabu, tapi kemudian hilang begitu saja. "Mudah-mudahan sekarang tidak, jangan gencar di awalnya saja," katanya.

"Sedang disiapkan disainnya. Detail bentuk kostumnya," kata Anies. Dan apakah kostum itu akan menggunakan APBD atau dana dari tiap PNS.

Pemakaian seragam bagi PNS DKI sebenarnya sudah diatur dalam keputusan Gubernur DKI nomor 6 Tahun 2013.

Anies juga menjelaskan, ketika main, tim memakai kostum kaos bola. Namun kostum PNS yang dikenakan pada "Persija Day" bakal berbeda. Yang pasti bernuansa oranye. Berbeda, karena kalau rapat tidak pakai kaos oblong.

Adapun pada Selasa (2/7/2019) Anies mengatakan bahwa dia akan membuat sayembara pembuatan kostum itu. Tentu ada syaratnya. Dengan tetap bernuansa Persija. "Disainnya tentu harus buat orang bekerja di kantor,bukan kaos oblong. Kan baju orang kantor harus ada kerahnya," ucap Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline