Lihat ke Halaman Asli

Rudy Wiryadi

Apapun yang terjadi

Esemka Masih Hidup, Bakal Tarung Lawan Mitsubishi Cs di IIMS 2023

Diperbarui: 15 Februari 2023   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Presiden Jokowi dan Esemka (cnbcindonesia.com)

Esemka sempat populer ketika Joko Widodo yang kini orang nomor satu di Indonesia menggunakan SUV (Sport Utility Vehicle) Esemka Rajawali sebagai kendaraan dinasnya pada saat Jokowi menjabat walikota Solo (2005-2012).

Salut buat Pak Jokowi yang kerap mempromosikan karya anak bangsa hingga mobil yang dibuat PT Solo Manufaktur Kreasi yang berbasis di Solo, Jawa Tengah, itu ramai di pasaran.

Selain dari produsennya sendiri PT Solo Manufaktur Kreasi, nama Esemka ini diambil dari SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Lantaran siswa-siswi SMK itulah yang menjadi cikal bakal pengembangan mobil yang mayoritas berbahan lokal tersebut.

Joko Widodo kembali mempromosikan Esemka. Jokowi menggunakan mobil Esemka itu dari kota kelahirannya Solo ke Jakarta pada kesempatan ikut Pilkada DKI Jakarta tahun 2012.

Mobil rakitan siswa-siswi SMK Negeri Solo sempat memudar sinarnya saat Joko Widodo terpilih menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta.

Esemka kembali naik pamornya berbarengan dengan kampanye Pilpres RI tahun 2014.

Presiden Jokowi sendiri kemudian meresmikan pabrik Esemka pada 2019 itu yang berlokasi di Desa Demangan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

"Biasanya kami dapat kabar dari pihak Pak Jokowi sehari sebelumnya," kata Rudi MF dari Dyandra Promosindo selaku promotor Indonesia International Motor Show 2023.

Presiden Jokowi kembali diundang untuk hadir dan membuka IIMS 2023 yang digelar di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat dari tanggal 16-26 Pebruari 2023 itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline