Lihat ke Halaman Asli

Rudy Wiryadi

Apapun yang terjadi

Pramudya/Yeremia Menyusul, 4 ganda Indonesia ke Tur Final 2021

Diperbarui: 28 November 2021   11:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bulutangkis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Vladislav Vasnetsov

Sebelum dihelatnya laga semifinal Indonesia Open 2021 ada 3 pemain Indonesia yang sudah dipastikan memenuhi syarat ikutan BWF World Tour Finals pada 1-5 Desember 2021.

Ketiganya yang dimaksud adalah ganda putri Greysia Polii/Apriliani Rahayu yang kecipratan rezeki karena merebut medali emas Olimpiade Tokyo 2020, ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang sudah tidak mungkin lagi keluar dari ranking ke 8 Road to Bali.

Seperti diketahui, hanya mereka yang berperingkat minimal 8 besar yang boleh ikutan turnamen penutup BWF tersebut. Dan setiap negara hanya diperbolehkan mengirimkan dua wakilnya di setiap nomor.

Dan satu lagi, ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktaviani yang mentok di 8 besar. Sebenarnya pemain yang dijuluki honey couple itu sempat dikhawatirkan gagal ke tur final karena dikalahkan di babak pertama Indonesia Masters 2021.

Secara mengejutkan, honey couple yang menjadi unggulan ke-dua ditumbangkan ganda India berperingkat ke 178 dunia Dhruv Kapila/Nelakurihi Sikky Reddy dengan dua gim langsung 11-21 dan 20-22.

Alhasil peringkat Road to Bali honey couple turun menjadi ke 11 dari semula 8.

Dewi Fortuna masih berpihak kepada honey couple. Di babak pertama Indonesia Open 2021 Praveen/Melati menang tanpa berkeringat atas ganda Jepang Yujhiro Nisikawa/Saori Ozaki. Yujhiro/Saori mengundurkan diri karena cedera pada saat kedudukan 1-0 untuk Praveen/Melati.

Namun di 16 besar Praveen/Melati dikalahkan ganda Denmark Mathias Christiansen/Alexandre Boje dengan dua gim 21-23 dan 14-21.

Apakah dengan demikian Praveen/Melati gagal ke tur final?

Dewi Fortuna memang sedang berpihak kepada honey couple. Praveen/Melati akhirnya memenuhi syarat lolos ke tur final.

Hal itu disebabkan tiga ganda yang memiliki ranking lebih baik dari Praveen/Melati tersingkir di 32 besar. Ketiganya adalah ganda Indonesia Rinov/Mentari, ganda Denmark Niclas/Amalie dan ganda Malaysia Goh/Shevon.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline