Lihat ke Halaman Asli

Rudy Wiryadi

Apapun yang terjadi

Peresmian Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Majapahit di Bandung, Hapus "Luka Lama" Perang Bubat

Diperbarui: 2 November 2021   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dyah Pitaloka Citra Resmi (aceh.tribunnews.com)


Yang bersalah dalam tragedi Bubat bukanlah Hayam Wuruk, tetapi Gajah Mada.

Tragedi Bubat itu adalah perang yang terjadi antara pasukan Sunda dengan pasukan Gajah Mada.

Karena ambisinya yang meledak-ledak, Gajah Mada bahkan rela menipu Raja Sunda Lingga Buana hanya untuk menaklukkan Kerajaan Sunda.

Pada abad ke 14 Hayam Wuruk yang pada saat itu berusia 23 tahun jatuh hati kepada Dyah Pitaloka Citra Resmi, putri dari Raja Sunda, Lingga Buana.

Hayam Wuruk lantas memerintahkan Gajah Mada untuk mewakilinya melakukan lamaran. Maka berangkatlah Gajah Mada ke Sunda menemui Lingga Buana.

Gajah Mada meminta agar pernikahan dilangsungkan di Trowulan, ibukota Majapahit, bukan di Sunda. Lingga Buana menyetujuinya.

Dengan diiringi rakyat Sunda, maka berangkatlah Lingga Buana diiringi para menteri dan sejumlah pengawalnya melakukan perjalanan jauh menuju Trowulan.

Sesampai di Bubat, sekonyong-konyong datang seseorang yang mengaku utusan Gajah Mada yang menyampaikan pesan Gajah Mada agar Lingga Buana menyerahkan saja Dyah Pitaloka Citra Resmi sebagai tanda takluk.

Seketika rombongan Lingga Buana naik pitam. Raja Sunda dan rombongan datang jauh-jauh bukan untuk menyerahkan begitu saja Citra Resmi sebagai tanda takluk, tetapi untuk melangsungkan pernikahan.

Lingga Buana masih dapat menahan emosinya, namun seorang pengawalnya sudah tidak tahan. Dia melepaskan anak panahnya dan menembus utusan Gajah Mada itu hingga terguling-guling ke tanah.

Tak pelak, maka pada tahun 1357 itu terjadilah perang terbuka antara pasukan Lingga Buana dengan para prajurit Gajah Mada.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline