Lihat ke Halaman Asli

Sahabat di Kantor, Untung atau Rugi?

Diperbarui: 1 Juli 2017   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karyawan dituntut bersikap profesional di kantor, termasuk dalam berhubungan dengan rekan kerja. Berikut aturan berteman di kantor agar Anda mendapat manfaatnya.

Dalam kehidupan sosial umumnya manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain atau bahkan membentuk kelompok. Hal itu terjadi pula dalam dunia pekerjaan. Kebutuhan untuk berinteraksi dan menjalin hubungan dengan pihak internal kantor adalah mutlak. Itu merupakan salah satu cara karyawan berdaptasi dengan lingkungan kerja. Jadi sangat wajar bila seorang karyawan memiliki kedekatan dengan orang lain di tempat bekerja.

Tempat Berbagi

Beberapa orang berpikir bahwa persahabatan di kantor bisa menggangu profesionalisme karyawan, namun Novie Espiritu berpendapat lain. "Jika satu sama lain saling bersikap sportif, memiliki sahabat di tempat kerja mendatangkan banyak manfaat," ujar konsultan AAJ Executive Search itu.

Menurutnya setiap karyawan harus berusaha untuk mengasah diri agar berkepribadian terbuka dan berteman sebanyak-banyaknya dengan pihak lain. Manfaat utama pertemanan atau persahabatan itu adalah sebagai sarana saling berbagi pengalaman, ilmu, saran, dan kritik yang membangun. Dengan memiliki sahabat di kantor Anda mendiskusikan kesulitan dalam masalah pekerjaan.

Tentu akan lebih mudah buat Anda bila bisa meletakkan sedikit beban perasaan dan masalah pekerjaan pada sahabat di kantor. Apalagi sahabat mengetahui dengan jelas situasi yang Anda hadapi. Anda dan sahabat hendaknya juga dapat mengetahui kelemahan dan keunggulan masing-masing. Sahabat yang baik akan memberikan masukan positif pada Anda.

Novie mengatakan bahwa persahabatan ideal adalah yang hubungannya seimbang. Bila salah satu memiliki kekurangan di satu bidang, sahabat yang lain justru unggul di aspek tersebut sehingga dapat saling melengkapi. Misalnya Anda ahli di bidang desain produk, sedangkan sahabat Anda piawai dalam hal pemasaran. Produk yang telah Anda desain dengan baik bisa sukses "dijual" kepada konsumen karena keahlian sahabat Anda soal pemasaran.

Memiliki sahabat di kantor juga dapat melebarkan jejaring sosial yang Anda bangun di kantor. Anda dan sahabat bisa saling berbagi kenalan bisnis. Pasti rekan bisnis sahabat Anda akan mempercayai Anda karena jaminan kedekatan Anda dengannya. Begitupun sebaliknya.

Novie mengingatkan, ada hal penting yang harus dijunjung dalam persahabatan di kantor. "Anda dan sahabat harus memiliki sikap sportif, mau mengakui keunggulan dan kelemahan masing-masing," jelasnya.

Perbedaan prestasi kerja adalah hal wajar. Semua tergantung usaha masing-masing. Jika Anda dan sahabat berusaha dengan maksimal, sangat mungkin karir Anda berdua berjalan beriringan. Kalaupun ternyata kenyataannya tidak demikian, Anda dan sahabat harus tetap saling dukung.

Persamaan Latar Belakang

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline