Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Minum Air Putih

Diperbarui: 13 Mei 2017   16:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selama ini kita minum air dikarenakan kita haus, capek, habis makan, dsb. Minumannya pun bermacam-macam, ada yang suka air teh, panas atau dingin, air putih, dsb.

Ya, kita minum kalau kita haus, atau sesudah makan, makanan utama atau makan sampingan.

Tapi ada yang bermanfaat dibaliknya minuman itu, air teh atau air putih. Disini saya akan menguraikan mengenai manfaat dari air putih.

Air putih memegang peranan vital untuk mendukung kesehatan kita. Fakta mengungkapkan bahwa air mendominasi tubuh manusia sebesar 65%. Tanpa minum air yang cukup maka tubuh manusia akan mudah mengalami dehidrasi yang akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti kelelahan, sakit kepala, pusing, nyeri di tubuh, kegagalan fungsi organ, dan bahkan kematian.

Dilansir dari boldsky.com kita dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Minum Air Hangat

Setiap kali kita mencerna makanan atau minuman yang suhunya berbeda dari suhu tubuh kita(yang normalnya 37 derajat celcius) maka tubuh akan bekerja lebih keras. Nah, disini air hangat membantu melancarkan kinerja tubuh dan serasa menyegarkan terutama pengidap masalah pencernaan.

Di Jepang sudah turun temurun kebiasaan minum air hangat begitu bangun tidur di pagi hari. Terbukti asosiasi medis di Jeoang memakai terapi air hangat untuk menangani berbagai penyakit kronis, dan berhasil menanggulangi penyakit penyakit-penyakit seperti sakit kepala, gangguan jantung, badan pegal linu, epilepsi, arthritis, kegemukan, bronchitis, tuberculosis, meningitis, asma, infeksi saluran kencing, ginjal, diare, susah BAB, diabetes, penyakit mata, kanker, gangguan menstruasi, dan gangguan THT.

Dan inilah metode pengobatan dengan air hangat.

Begitu Anda bangun tidur di pagi hari minumlah empat gelas air hangat sebelum beraktifitas apa-apa.

Kemudian sikat gigi dan bersihkan mulut. Tapi setelahnya jangan makan atau minum sehingga 45 menit kemudian.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline