Lihat ke Halaman Asli

Rudy Subagio

TERVERIFIKASI

Just ordinary people, photograph and outdoors enthusiast, business and strategy learner..

Berapa Besar Pendapatan dari Trading atau Investasi yang Aman dan Berkelanjutan?

Diperbarui: 13 Maret 2022   01:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Indeks Harga Saham Gabungan di BEI, Sumber: kontan.co.id via kompas.com

Penipuan berkedok trading binary option semakin terkuak setelah salah satu affiliator aplikasi trading binary option, Indra Kesuma alias Indra Kenz ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan penipuan investasi trading binary option lewat aplikasi Binomo.

Selain Indra Kenz, affiliator Doni Salmanan juga telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan penipuan investasi binary option dengan menggunakan platform Quotex. Dua orang ini dikenal sebagai crazy rich muda yang sukses berkat bermain trading meskipun kenyataannya mereka adalah affiliator.

Tentu saja kedua affiliator ini hanyalah fenomena puncak gunung es, dibawahnya ada affiliator-affiliator lain yang tidak se-terkenal mereka dan mungkin saat ini juga sudah ada yang bertobat atau memutusakan hubungan dengan penyedia aplikasi binary option karena tidak menutup kemungkinan mereka juga akan diselidiki oleh pihak berwajib.

Affiliator adalah orang yang bertugas mencari pelanggan baru aplikasi binary option. Mereka berusaha mempengaruhi dan meyakinkan orang-orang lain untuk melakukan trading atau membeli paket investasi agar sukses seperti mereka.

Affilator mendapat keuntungan dari persentase uang yang disetor anggota baru yang berhasil mereka dapatkan. Selain itu mereka juga mendapatkan bagian dari kerugian yang dialami oleh para anggota yang kalah trading.

Jumlah bagian yang didapatkan affiliator dari kerugian yang dialami oleh para anggota yang kalah trading berkisar antara 52.5% - 70%. Semakin banyak mereka mendapatkan anggota baru maka prosentase uang yang masuk dari total kerugian para anggota yang kalah trading semakin banyak.

Jadi bisa dikatakan affiliator ini benar-benar "menari di atas penderitaan orang lain". mereka mendapatkan uang dari kerugian yang diderita para anggota yang mereka rekrut sendiri. Bisa dibilang "anggota makan anggota".

Dan ironisnya lagi sebagian besar dari affiliator ini awalnya adalah trader yang bangkrut, mereka awalnya juga korban. Setelah bangkrut, mereka ditawari jadi affiliator dan mereka akan mencari keuntungan dari korban-korban baru.

Sebenarnya secara akal sehat, trading binary option ini jelas menabrak prinsip-prinsip investasi yang sudah teruji kebenarannya baik secara empiris maupun secara ilmiah. Namun kondisi ekonomi masyarakat yang sangat berat sebagai dampak pandemi covid-19 membuat akal sehat sedikit dikesampingkan demi bisa menemukan jalan keluar yang cepat dan menjanjikan.

Namun jalan keluar yang diimpikan tersebut hanyalah fatamorgana. Rayuan dan bujukan para affiliator dengan "bukti-bukti" yang meyakinkan serta sifat FOMO atau takut untuk melewatkan kesempatan emas yang datang sekali seumur hidup membuat fatamorgana seolah kenyataan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline