Lihat ke Halaman Asli

Rudy Hidayat

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta || 20107030146

Desa Tanpa Orang Tua di Thailand

Diperbarui: 8 Maret 2021   18:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

diadona.id

Thailand merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, yang memiliki banyak destinasi wisata yang cukup digemari. Negara yang memiliki banyak suku dan budaya layaknya negara kita ini, menjadikan Thailand sebagai jujukan wisata budaya, sejarah, ataupun wisata alamnya.

Bicara tentang kota-kota di Thailand, pastinya kita sudah sering mendengar kota Bangkok, yang merupakan ibu kota negara Thailand. Bangkok merupakan destinasi wisata yang cukup populer karena keindahannya.

Hal tersebut membuat Thailand banyak menyumbang devisa negara di sektor pariwisatanya. Thailand pun menjadi salah satu negara berkembang yang cukup diakui di Asia Tenggara.

Namun, di balik keindahan yang ditawarkan oleh Thailand, ternyata ada salah satu desa di Thailand yang menjadi sorotan publik. Namanya adalah Desa Ban Mae Kerb. Yang menjadikan desa ini viral dan unik adalah karena Desa ini dianggap sebagai desa tanpa orang tua yang ada di Thailand.

Desa ini menjadi viral setelah seorang youtuber Thailand bernama Pimrypie mengunggah sebuah video charity ke desa tersebut. Dalam Video yang berdurasi  10 menit tersebut memperlihatkan bagaimana kehidupan yang ada di desa tersebut.

Di Thailand setiap hari Sabtu pertama pada bulan Januari, selalu diperingati sebagai Hari Anak, dan dalam rangka memperingati Hari Anak 2021, Pimrypie memutuskan untuk mengadakan charity ke salah satu desa terpencil di Thailand, yang bernama desa Ban Mae Kerb, di Distrik Omkoi. Desa tersebut berjarak sekitar 300 km dari Chiang Mai.

Desa tersebut hanya dihuni oleh 40 orang anak-anak tanpa adanya orang dewasa, yang tentunya bagi kita hal tersebut sangat tidak masuk akal. Tetapi, disana hanya ada dua orang guru voulenteer yang khawatir dengan nasib anak-anak tersebut.

Kabarnya, para orang tua di desa tersebut, mereka pergi ke kota-kota besar untuk mencari kerja, karena memang tidak ada lapangan pekerjaan di desa tersebut, tetapi ternyata tidak ada satupun dari mereka yang kembali untuk menafkahi anak-anaknya.

Efek dari tidak adanya orang tua di desa tersebut, anak-anak tersebut menjadi seperti tidak mempunyai mimpi ataupun tujuan hidup sama sekali. Efek tersebut timbul karena selain tidak adanya orang dewasa disana, ternyata di desa tersebut juga tidak tersedia internet, bahkan tidak tersedianya televisi, yang otomatis tidak adanya akses bagi mereka untuk melihat dunia luar.

Untuk makanan mereka sehari-hari, hanya nasi dicampur gula dan cabai, bahkan makanan terenak yang pernah mereka makan itu adalah tikus. Hal tersebut tentu sangat berdampak buruk bagi kehidupan mereka, bahkan saat mandi pun mereka tetap memakai pakaianya karena sekalian mencuci pakaian mereka.

Dalam sehari-harinya mereka hanya bangun---makan---main---tidur, tanpa belajar---tanpa bekerja, mereka tidak mempunyai uang, atau bahkan konsep uang pun mereka tidak paham. Karena disana tidak ada orang tua yang dapat dijadikan role model. Bahkan anak-anak tersebut bilang bahwa "Kami tidak punya mimpi sama sekali. Kami tidak tau mau jadi apa setelah dewasa nanti."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline