Lihat ke Halaman Asli

Rudy Saputra

Di bidangEnergi

Tar Batubara

Diperbarui: 23 April 2018   09:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Coal Tar. Dokpri

Gasfikasi Batubara Updraft adalah solusi untuk pengganti bahan bakar LPG atau kayu, tetapi gasifikasi batubara tersebut memerlukan alat sebagai pengubah bahan bakar padat menjadi gas. Selain gas batubara yang dihasilkan dari gasifikasi ini adalah tar, tar terbentuk dari pembakan yang tidak sempurna dan terkondensasi bersama gas yang dihasilkan.

Tar ditampung dalam suatu wadah tertentu yang selanjutnya dimanfaatkan untuk dibakar kembali, karena tar batubara mempunyai kalori yang tinggi hampir menyerupai solar atau minyak berat dan titik bakarnya rendah diantar 100-200 derajat celcius. Dalam proses gasifikasi, tar yang dihasilkan diantara 10-20% tergantung dari gasifier yang digunakan dan prosesnya. Alat yang telah dibuat untuk pembakaran tar berupa pipa nozzle atau rotary burner panas yang dihasilkan akan menghasilkan 800-1100 derajat celcius, panasnya dimanfaatkan untuk boiler atau incenarator atau untuk yang lainnya.

Dok.pribadi

Dok.pribadi

Mungkin ini solusi untuk para pengguna bahan bakar LPG, solar atau kayu semua ini tergantung dari pemakai langsung, apakah ingin perubahan dan menggunakan produk dalam negeri? anda yang bisa menjawabnya.....

Semoga menjadi bermanfaat bagi semua...... aamiin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline