Lihat ke Halaman Asli

Rudy

Don't cry

Kelas Dunia, Geopark Ciletuh Kawasan Wisata Memesona di Kabupaten Sukabumi

Diperbarui: 24 Mei 2024   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Geopark Ciletuh (trac.astra.co.id)

Tak kenal maka tak sayang.

Peribahasa ini bermakna kalau seseorang pria atau wanita tidak tahu atau tidak mengenal siapa lawan jenisnya, maka mana mungkin akan adanya kasih sayang.

Namun peribahasa itu bisa juga berlaku di dunia pariwisata.

Suatu pemandangan alam yang indah atau destinasi wisata lainnya tidak akan dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri jika tak mengenal.

Dalam kunjungan kerjanya ke Plabuan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (23/5/2024), Sandiaga Uno, Menparekraf (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), mengatakan Kabupaten Sukabumi mempunyai destinasi wisata berkelas dunia.

Sandiaga menyebutkan salah satunya Geopark Ciletuh yang sudah masuk UNESCO.

Ya, Geopark Ciletuh yang berlokasi di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, resmi menjadi Geopark UNESCO bersama 12 Geopark lainnya dari 11 negara pada bulan April 2018 yang lalu.

Selain UGGCP (Unesco Global Geopark Ciletuh Plabuanratu), masih ada sejumlah destinasi wisata berkelas dunia lainnya di Plabuanratu yang berlokasi mulai dari Cisolok sampai Ujung genteng.

"Saya terpesona oleh keindahan potensi wisata Kabupaten Sukabumi yang bisa dikembangkan untuk menarik wisatawan dari dalam maupun luar negeri," kata Sandiaga.

Selain itu mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan kabupaten kedua terluas di pulau Jawa dan Bali itu juga memiliki desa wisata yang menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia seperti Kampung Adat dan Desa Hanjeli.

Geopark Ciletuh terletak sekitar 167 kilometer dari Jakarta ke arah selatan. Bisa ditempuh empat jam dengan kendaraan pribadi, namun bila macet bisa lebih lama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline