Lihat ke Halaman Asli

Surya Bonay

Pegawai Negeri Sipil

Persiapan Kuliah ke Jerman Tidak Harus Mahal

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1395956625673620200

Mau kuliah di jerman tapi tidak tau mau mulai dari mana? saya juga pernah mengalami hal yang sama. Dari pada bingung dan ikut bermacam-macam seminar "study abroad" dan menghabiskan banyak uang, beberapa pengalaman saya ini mudah-mudahan dapat bermanfaat dan membantu:


1. Mendaftar (Bahasa Jerman penting, english is ok).

Jika anda menguasai bahasi asing seperti bahasa inggris atau lebih baik lagi bahasa jerman atau setidaknya anda sedikit mengerti salah satu dari kedua bahasa tersebut, anda sudah dapat mendaftar kuliah di berbagai universitas di jerman. Sebagian besar universitas di jerman menerapkan pendaftaran secara online dan sangat mudah, pendaftaran juga bisa dilakukan dalam bahasa inggris atau jerman. sebagai contoh adalah pendaftaran online di universitas tempat saya belajar di uni-muenster.

sambil mendaftar tentu anda bisa menggunakan kamus/google translate jika ada pertanyaan yang tidak anda mengerti. Selain itu, pendaftaran anda bisa di-pending dan "save" dulu jika ada dokumen yang belum tersedia dan bisa anda lanjutkan nanti.

pendaftaran kuliah di universitas jerman pada umumnya gratis.


2. Daftar ke banyak Uni

Seperti yang pernah saya lakukan, saya menyarankan anda untuk melakukan pendaftaran ke banyak universitas di Jerman, sebagai pertimbangan universitas mana yang ingin anda pilih sesuai minat jurusan anda, anda dapat melihatnya di lembaga yang memberikan ranking kepada universitas di jerman, salah satunya yang menurut saya baik adalah disini.

Anda juga bisa menggunakan portal DAAD untuk mencari universitas yang menawarkan tempat studi di universitas mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline