Lihat ke Halaman Asli

KKN Desa Batu Putik

Mahasiswa Universitas Mataram

KKN PMD Universitas Mataram Desa Batu Putik Latih Masyarakat di Desa Batu Putik Menghadapi Bencana Melalui Pramuka dan Kegiatan Tangguh Bencana

Diperbarui: 3 Februari 2024   13:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kedaan alam di Indonesia dan potensi bencana yang terjadi membuat masyarakat Indonesia harus selalu siaga. Salah satu faktor yang mempengaruhi resiko dengan kerugian besar akibat bencana adalah kesiapan masyarakat dalam mengatasi bencana.

Terdapat berbagai macam upaya yang dapat dilakukan untuk melatih kesiapan masyarakat untuk mengatasi bencana, KKN Pemberdayaan Masyarakat Desa Universitas Mataram di Desa Batu Putik melakukan upaya untuk melatih kesiapan masyarakat dalam mengatasi bencana mulai dari pemberian materi dan implementasi langkah untuk mengatasi bencana melalui siswa sekolah dasar.

Langkah yang dilakukan adalah melakukan pembinaan terhadap pramuka SDN 2 Batu Putik. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan materi serta implementasi terkait dengan kebencanaan. Kegiatan yang dilakukan adalah Penanaman Biopori dan Penanaman Pohon bersama dengan SDN 3 Batu Putik serta Penyuluhan Kebencanaan.

Bersamaan dengan itu diadakan kegiatan Launching Pramuka Tangguh Bencana yang dilaksanakan pada Senin, 29 Januari 2024 di SDN 2 Batu Putik. Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk memberikan materi kepada siswa tentang pentingnya pengetahuan tentang kebencanaan dan pengurangan risiko bencana yang diberikan sejak dini agar dapat mempersiapkan langkah-langkah yang dilakukan saat terjadi suatu bencana yang disekitarnya untuk mengurangi efek akibat bencana.

Sumber: Dokumentasi Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline