Lihat ke Halaman Asli

Rudi slamet

Jurnalis

Luapan Sungai Cigadung Bantargadung, 5 Ha Sawah Warga Terancam Gagal Panen

Diperbarui: 23 Februari 2019   02:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sungai cigadung meluap, sawah beserta jembatan terendam banjir // foto Rudi imelda

Sukabumi - Hujan deras yang terjadi kemarin di Kecamatan Bantargadung  mengakibatkan Sungai Cigadung meluap. Tidak hanya memutuskan jalan yang berada di Desa Bantargadung, luapan Sungai Cigadung juga membuat sekitar 5 hektare sawah di Desa Buanajaya terancam gagal panen.

"Kejadiannya kemarin sore sekitar pukul 16.00 WIB, hujan deras melanda desa kami dan membuat Sungai Cigadung meluap, yang berdampak pada sawah warga, sekitar 4-5 hektare terendam," ungkap Misbahudin, seorang guru SD, Jumat [22/02/19].

 Luapan Sungai Cigadung membuat hampir semua sawah warga yang berada di bantaran sungai terendam banjir dan merusak satu jembatan berukuran 8 meter x 2 meter yang menuju ke Kampung Salabuana, RT 01 /RW 01, Desa Buanajaya, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jembatan tersebut merupakan jalan akses menuju sekolah dasar yang berada di kampung Salabuana.

Jembatan mengalami kerusakan yang cukup parah dan ditakutkan ambruk. Padahal jembatan tersebut merupakan akses menuju kampung dan setiap hari dilintasi sekitar 200 murid SDN Buanajaya.

 "Dilintasi masih bisa, cuma khawatir saja tiba-tiba ambruk , karena di beberapa bagian sudah mengalami kerusakan akibat bencana banjir kemarin. Kami harap agar instansi terkait cepat bertindak, serta meninjau akses jalan kami dan segera memperbaikinya," tutur Misbahudin Zainal.

Tonton videonya: 





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline