Lihat ke Halaman Asli

Rudi Hartono

Profesi: SECURITY/SATPAM

Makna Hari Raya Idulfitri

Diperbarui: 21 April 2023   02:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tradisi. Sumber ilustrasi: UNSPLASH

Hari Raya Idul Fitri adalah hari raya yang dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Hari raya ini juga dikenal dengan sebutan Lebaran. Hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 1 Syawal dalam kalender Hijriyah.

Makna dari Hari Raya Idul Fitri adalah sebagai tanda berakhirnya bulan suci Ramadan, yang merupakan bulan penuh berkah bagi umat Muslim. Selama bulan Ramadan, umat Muslim berpuasa dari fajar hingga maghrib, menahan diri dari makan, minum, dan perilaku yang tidak baik.

Dengan datangnya Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim diharapkan untuk mengakhiri puasa mereka dan mempererat tali silaturahmi dengan keluarga, teman, dan tetangga. Selain itu, hari raya ini juga menjadi momen untuk memohon maaf dan memaafkan antara satu sama lain.

Secara simbolis, Hari Raya Idul Fitri juga menjadi hari yang membawa makna kemenangan, kebahagiaan, dan kedamaian. Oleh karena itu, banyak orang yang merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan menyebarkan kebahagiaan dan memberikan sumbangan kepada yang membutuhkan, serta berkunjung ke makam keluarga untuk mendoakan orang yang sudah meninggal dunia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline