Lihat ke Halaman Asli

Rudias Man

Di Kompasiana, Aku Mencari Inspirasi

Pemusnahan Uang di Depan Mata

Diperbarui: 5 Juli 2016   07:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Belum lama ini, Bank Indonesia (BI) menyatakan, pemusnahan uang kertas pada tahun 2015 mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya. Sepanjang tahun 2015, uang yang dimusnahkan sebanyak sebesar Rp 160,25 triliun.

Pemusnahan uang tak bisa dihindari. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi beredarnya uang yang rusak. Pemusnahan uang hanyalah satu dari sekian banyak biaya yang harus dikeluarkan dalam menjaga tradisi transaksi tunai.

Sebetulnya, hal tersebut bisa dicegah jika masyarakat sudah familiar dengan transaksi non tunai. Hanya saja, perlu waktu untuk mengedukasi masyarakat akan manfaat transaksi non tunai dengan menggunakan debit card ataupun uang elektronik.
Bagi masyarakat beberapa manfaat dalam transaksi non tunai yakni sebagai berikut.

Pertama, praktis. Ya, dengan menggunakan uang elektronik, kita tidak perlu membawa uang tunai yang jika transaksi dalam jumlah besar, misalnya di atas 10 juta, tentu sangat ribet membawanya.

Kedua, aman. Transaksi non tunai dengan uang elektronik lebih aman. Selain tidak kelihatan mencolok membawa uang tunai, juga aman karena sistem dilindungi nomor identifikasi personal atau sidik jari. Misalnya uang elektronik yang dirikis oleh True Money, menggunakan metode keamana sidik jari.

Ketiga, efisien. Uang elektronik bisa menjadi instrumen penyimpanan uang dengan tanpa biaya administrasi seperti di bank. Beberapa produk uang elektronik seperti True Money, juga memungkinkan transfer melalui akun True Money dengan biaya yang jauh lebih rendah dari yang dikenakan jika transfer antar rekening bank.

Efisiensi juga menyangkut tidak beredarnya uang receh. Sebab dalam transaksi uang elektronik, yang terdebit di akun sesuai dengan jumlah transaksi.

Selain ketiga hal di atas, sebetulnya masih banyak keuntungan penggunaan uang elektronik dalam bertransaksi non tunai. Tapi cukup dengan ketiga hal di atas, sudah sangat cukup untuk menjelaskan mengapa uang elektronik dan transaksi non tunai adalah masa depan dalam dunia perekonomian. Uang dalam artian uang kertas dan logam, akan musnah di masa depan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline