MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MURID MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TOPIK GEOMETRI MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 19 KUBU
Situasi
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan di sekolah tempat saya mengajar pada tanggal 22 Januari 2024 pada mata pelajaran matemtika, topik Bangun Datar guru berfokus untuk mengetahui kondisi meningkatkan minat belajar para murid dengan diterapkannya Problem Based Learning (PBL) di kegiatan pembelajan.
Hal ini dirasa sangat penting karena telah ditemukan kondisi minat belajar yang rendah pada para murid di pembelajaran matematika, hal ini disebabkan oleh anggapan para murid jika mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang sulit, menakutkan, tidak menarik, dan juga membosankan.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah :
Suasana belajar yang kurang membangkitkan minat belajar para murid serta penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang inovatif menjadi salah satu penyebab kurangnya keterlibatan para murid dalam pembelajaran.
- Pembelajaran yang masih berpusat pada guru membuat murid kurang aktif dan selalu bergantung kepada guru selama proses pembelajaran.
- Murid menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit, sehingga kurang minatnya para murid selama proses pembelajaran.
- Seringkali para murid terlambat mengumpulkan tugas dan bahkan ada yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan.
Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena sebagian guru mengalami permasalahan yang sama, sehingga diharapkan praktik ini bisa menumbuhkan minat belajar murid dalam kegiatan pembelajaran dan menjadi inspirasi bagi rekan-rekan guru lain.
Kelebihan menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) yaitu dalam pelaksanaannya dapat menghadapkan murid pada masalah untuk menekankan pada pembelajaran yang kolaboratif dan merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang inovatif memberikan kondisi belajar aktif kepada murid melalui pembelajaran tim atau kelompok.