Lihat ke Halaman Asli

Best Practice

Diperbarui: 27 Februari 2024   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI ALJABAR KELAS VII MTS AL FALAH KAJAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Lokasi                                         : Mts Al Falah Kajar

Lingkup Pendidikan               : Sekolah Menengah Pertama / madrasah T sanawiyah

Tujuan yang ingin dicapai      : Meningkatkan pemahaman konsep peserta didik  pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Kelas VII materi Aljabar.

Penulis                                        :  Rudi Hartono

Tanggal                                       :  22 Januari  2024

A.   Situasi

Kemampuan   pemahaman   konsep berperan   besar   dalam   menentukan   hasil belajar siswa  dalam  pembelajaran  matematika.  Dengan  dimilikinya  kemampuan  ini oleh  siswa maka  akan  memudahkan dalam  mempelajari dan  menyelesaikan  masalah matematika. Dalam kegiatan pembelajaran matematika hendaknya menekankan pada kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman konsep agar siswa memiliki kemampuan dasar yang baik untuk  mencapai   kemampuan matematis lainnya seperti   penalaran, komunikasi,   koneksi   dan pemecahan  masalah. Proses  pembelajaran   di  dalam  kelas dengan mengarahkan anak  pada kemampuan   cara   menggunakan   rumus,   menghafal rumus,      matematika      hanya      untuk mengerjakan soal, jarang diajarkan untuk menganalisis dan menggunakan matematika dalam kehidupan     sehari-hari     kurang mendorong   anak   untuk   mengembangkan   kemampuan berpikirnya (Kiki NiaSaniaEffendi,2017).

Berdasarkan pengamatan penyebab kurangnya pemahaman materi peserta didik diantaranya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran masih rendah, peserta didik beranggapan mata pelajaran sulit, pengetahuan awal peserta didik masih rendah, rendahnya pemahaman konsep peserta didik, Peserta didik kurang mempelajari materi yang telah diberikan, guru belum maksimal penerapkan model pembelajaran inovatif

Pentingnya Membagikan Praktik Pembelajaran Inovatif diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru lain bahwa model pembelajaran inovatif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman materi, praktik pembelajaran ini diharapkan bisa memotivasi guru lain untuk mendesain dan melaksanakan pembelajaran yang inovatif

Peran seorang guru yang memiliki tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Tanggung jawab seorang guru melaksanakan semua tahapan atau fase-fase pembelajaran inovatif (mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif, yang terintegrasi dengan TPACK, 4C, PPK, HOTs serta dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok dan presentasi sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline