Lihat ke Halaman Asli

Bagaimanakah Caranya Membuat Karya Lagu Sendiri?

Diperbarui: 17 Juni 2015   23:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Semua orang mengakui bahwa musik itu indah. Keindahan musik itu sendiri tentunya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari unsur notasi, warna musik, karakter musik, aransemen musik, atau liriknya. Sama halnya seperti proses saat memasak, ketika semua unsur pembentuk musik tadi diracik dengan baik dan cerdas, maka akan lahirlah sebuah hidangan mahakarya yang akan menggugah selera para penikmat musik. Dan tentunya akan ada kebanggaan tersendiri bagi sang "chef" nya kalau hidangannya sedap dinikmati.

Oleh karena itu saya sebagai musisi yang gemar membuat lagu sendiri, ingin berbagi cara dalam membuat lagu sendiri. Cara-cara ini berdasarkan pengalaman saya sendiri dan para musisi yang lebih top tentunya. Silahkan disimak tahap demi tahapnya yaa, check this out!

1. Saat ingin membuat lagu, pertama-tama kita harus tentukan tema lagunya, entah tema percintaan, persahabatan, religi, lingkungan, patriotisme, dan lain-lain. Tema yang paling mudah dibuat adalah tema percintaan dan persahabatan.

2. Setelah menentukan temanya, barulah kita mulai membuat liriknya. Ingat, menyusun lirik sebelum membuat notasi/nadanya itu akan lebih mudah dibanding membuat notasi/nadanya dahulu baru liriknya. Susunlah lirik itu sebagus mungkin sesuai selera.

3. Liriknya sudah siap, selanjutnya tentukan lah genre musik yang ingin kita pilih. Ingin genre pop? rock? jazz? blues? atau bahkan dangdut?. Setiap genre punya warna dan notasi yang berbeda. Genre dengan notasi paling mudah dan paling komersial ialah genre pop.

4. Baik, setelah genre musiknya sudah kita tentukan, kita berlanjut ke tahap yang paling saya sukai, yakni membuat notasi/nadanya. Membuat notasi bisa dengan menggunakan not angka ataupun not balok. Untuk yang belum paham dengan not balok,  bisa dengan not angka. Dan instrumen yang bisa kita gunakan untuk membuat notasi ada banyak ragamnya. Instrumen yang paling sering digunakan ialah gitar dan keyboard/piano. Perlu diingat bahwa notasi/nada yang bagus itu bisa jadi nilai lebih dari lagu yang kita buat. Misalnya, walaupun kita membuat sebuah lirik yang sederhana, tapi jika notasi/nadanya indah, itu bisa menjadi daya tarik yang kuat dari lagu yang kita buat.

5. Nah, setelah notasinya jadi, kita tentukan lagu yang kita buat ini konsepnya seperti apa. Ingin konsep akustik? Band? Atau bahkan orkestra? Tentukan pilihanmu sekarang! *vj daniel mode on.
6. Dan lagu kita pun sudah jadi, senang kan? siap-siap untuk dipromosikan ke orang
Banyak deh, atau bahkan ada yang mau langsung ke studio rekaman? Silahkan!
Itulah tahapan-tahapan dalam membuat lagu sendiri. Banyak banyaklah berkarya dengan menciptakan lagu-lagu yang baik. Karena lagu yang kita ciptakan itu menunjukkan sense of art dalam diri kita. Ok, sekian dulu dari saya, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca. Terimakasih dan salam harmoni!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline