Lihat ke Halaman Asli

Kapuh Madani

Diperbarui: 22 September 2022   05:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri foto di depan kubah Guru Kapuh 

Arba Mustamir adalah rabu terakhir di bulan Safar. Di Tapin,  ziarah ke tempat orang saleh adalah salah satu tradisi dihari ini. Hari ini bersama keluarga saya pergi ke "Kapuh Madani". Sebutan untuk desa kapuh. Disana kami ziarah ke makam Guru Kapuh. 

Setelah selai ziarah, anak-anak berbelanja makanan. Ice cream sepertinya enak bagi mereka. Ibunya cukup beli cemilan. Buat ayah beliau dibelikan roti bulat manis dua rasa. Gula putih dan gula merah. Anak- anak juga beli ayam geprek dan nasi buat dimakan di rumah katanya. Ayah dan ibunya sudah lapar. Mampir di warung sebelah kubah. Ayah mengambil lauk nila panggang dan "terong babanam basantan". Ibu juga sama, tapi ikannya belut masak kuning.  

Perjalanan cukup lumayan jauh, bagi saya yang jarang berkendara jauh pakai  motor.  Kapuh berada disebelah kabupaten Tapin. Kabupaten tetangga, yaitu Kabupaten Hulu  Sungai Selatan. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline