Lihat ke Halaman Asli

Ruba Nurzaman

Teacher Trainer Writer

Dicari: Kepala Sekolah yang Peduli

Diperbarui: 3 Februari 2016   15:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Alastair G Rodd, RTI Home Office Manager Amerika didampingi Stuart weston, COP USAID Prioritas dan Kasi Madrasah Kemenag KBB  mengamati proses pembelajaran di MTs Al-Mukhtariyah Rajamandala "][/caption]Sekolah adalah tempat didikan bagi anak anak. tujuan dari sekolah adalah mengajar tentang mengajarkan anak untuk menjadi anak yang mampu memajukan bangsa. Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa /murid di bawah pengawasan guru. (Sumber: Wikipedia)

Guru memang merupakan ujung tombak dalam mewujudkan sekolah dan pendidikan  yang berkualitas, namun untuk mewujudkan sekolah yang berkualitas guru tidak bisa berdiri sendiri, mereka membutuhkan dukungan dari berbagai pihak di sekolah terutama kepala sekolah. Sehebat apapun kemampuan guru dalam mengajar seandainya tidak didukung oleh pihak lain terutama kepala sekolah, maka hasil yang diharapkan tidak akan maksimal..

Ada beberapa dukungan yang sangat diharapkan oleh seorang guru untuk bisa menerapkan proses pembelajaran yang baik sehingga bisa membuat siswanya kreatif dan menghasil produk dalam setiap proses pembelajaran yang tentunya akan sangat berguna dalam mewujudkan sekolah berkualitas.

ATK Pembelajaran

ATK pembelajaran sepertinya hal yang sepele, sepintas memang terdiri dari bahan/alat yang harganya relatif murah seperti kertas plano atau karton, spidol warna, kertas post it atau kertas berwarna, gunting dan penggaris. Untuk satu atau dua kali proses pembelajaran  mungkin akan terasa ringan bagi guru, tetapi apabila hal ini dilakukan oleh guru dalam frekuensi yang cukup sering tentu menjadi sesuatu yang berat, hendak membebankan kepada siswa merasa tidak enak seandainya terlalu sering. Untuk permasalahan ini peran kepala sekolah melalui kebijakannya sangatlah dinantikan, sebab mereka bisa membuat kebijakan menganggarkan sebagian dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk ATK pembelajaran pada saat workshop pembuatan Rencana Kerja Tahunan (RKT) sekolah. Apabila tidak memungkinkan, komite sekolah bisa ikut berperan membantu kebutuhan guru.

Media Pembelajaran

Dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, media pembelajaran berperan sebagai media yang dapat mengajar sendiri dengan tanpa atau sedikit bantuan guru (self instructional media). Dengan menggunakan media pembelajaran ini sangat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas. Media pembelajaran tidak mesti harus membeli, namun bisa memanfaatkan barang bekas ataupun yang ada di sekitar sekolah tetapi ada beberapa media ataupun bahan untuk proses pembelajaran yang tidak bisa dibuat sendiri, untuk memenuhi hal ini tentunya butuh dukungan dari Kepala Sekolah.

[caption caption="Siswa MTs Al-Mukhtariyah Rajamandala menggunakan media pembelajaran yang disediakan oleh sekolah"]

[/caption]

Pengembangan Diri

Pengembangan diri bagi seorang guru sangatlah penting apalagi di era globalisasi seperti saat ini. Apabila seorang guru tidak mengupgade kompetensinya baik pedagogik maupun profesionalnya niscaya akan  tertinggal seiring dengan perkembangan zaman. Kemampuan maupun pengetahuan seorang guru harus lebih dari siswanya yang sudah melek internet.

Banyak cara untuk bisa meningkatkan kompetensi guru diantaranya dengan mengikuti kegiatan MGMP/KKG, Pelatihan dan Seminar yang diselenggarakan oleh pemerintah ataupun organisasi guru, belajar secara mandiri melalui membaca buku ataupun belajar dari internet, belajar dengan sesama guru dan aktifitas lainnya yang bisa meningkatkan kompetensinya sebagai guru. Kepala Sekolah bisa memberikan dukungan dengan memfasilitasi kebutuhan guru untuk mengikuti semua kegiatan tersebut baik secara finansial maupun sekedar dukungan moral dengan memberikan izin kepada guru yang bersangkutan untuk bisa mengikuti kegiatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline