Lihat ke Halaman Asli

Masker Alami untuk Wajah Kulit Berminyak dan Berjerawat

Diperbarui: 23 April 2022   18:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.suara.com

Kulit mulus merupakan masalah kulit yang sering dilirik oleh banyak orang. Jenis kulit ini dikenal rentan terhadap berbagai kondisi iritasi, seperti peradangan kulit dan bintik hitam di wajah. Kondisi kulit yang licin dan cenderung meradang ini tentunya akan mengurangi rasa takut dan juga mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi para wanita.

Produksi minyak yang berlebihan pada pelipis, hidung, dan rahang dapat disebabkan oleh pori-pori kulit yang terbuka total. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena penutup wajah biasa di bawah ini dapat mengatasi kulit yang kinclong dan berjerawat. Berikut adalah beberapa sampul biasa yang dapat Anda coba.

Penutup biasa pertama yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kulit mulus dan kulit berjerawat adalah jus lemon. Memang, jus lemon pada dasarnya dapat mengganggu kulit, tetapi kandungan asam L-askorbat dalam jus lemon sangat membantu untuk mengatasi masalah kulit licin. Seperti, membuat kulit terbebas dari residu, kotoran, dan sekaligus dapat mencerahkan kulit.

1. Jus Lemon

Untuk menggunakan jus lemon sebagai penutup wajah sangat sederhana, Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan jus lemon dengan 1 putih telur. Kemudian gunakan ujung jari Anda untuk menggosokkan campuran tersebut dengan lembut ke wajah Anda, lalu biarkan selama 15-20 menit hingga kering dan bilas dengan air hangat.

2. Madu dan Kayu Manis

Anda juga bisa menggunakan madu dan kayu manis sebagai penutup kulit mulus dan kayu manis. Penjelasannya, madu memiliki sifat antimikroba yang dapat menghilangkan mikroba penyebab peradangan kulit. Sedangkan kayu manis dapat mencegah iritasi sehingga keduanya sama-sama tepat sebagai kerudung untuk menghilangkan kulit berjerawat.

Cobalah untuk mencampur 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Sebelum menggunakannya, pastikan wajah sudah sempurna dan oleskan penutup pada wajah kemudian, kemudian diamkan 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Tomat

Dengan asumsi Anda memiliki tomat di rumah, Anda dapat menggunakan tomat sebagai tabir karena tomat dapat mengelupas sel kulit mati secara normal. Penggunaan kerudung tomat juga terbukti membuat kulit wajah licin lebih bersih.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline