Cara Mengelola Waktu Dengan Baik
Rizky Nur Effendi
Universitas Muhammadiyah Malang
Rizkynurr504@gmail.com
Pendahuluan
Saat ini banyak individu yang tidak bisa mengelola waktu dengan baik dan berakhir kewalahan saat akan menyelesaikan pekerjaan. Kebanyakan orang suka menunda pekerjaan yang harusnya segera dilakukan, akibatnya pekerjaan jadi menumpuk dan mereka dikejar deadline. Hal tersebut dapat menyebabkan stress dan putus asa. Apabila tidak bisa mengelola waktu dengan baik jam tidur juga bisa menjadi berantakan, makan tidak teratur dan lalai menjaga kesehatan. Mengelola waktu salah satu hal yang penting, pekerjaan dapat selesai dengan cepat jika waktu dapat terorganisir. Mengelola waktu dengan baik juga membuat seseorang menjadi tepat waktu dan disiplin. Jika pekerjaan selesai tepat waktu kecemasan serta stress dapat berkurang karena merasa tenang pekerjaan telah selesai.
Pembahasan
Manajemen waktu adalah proses pengendalian waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Pada dasarnya individu menyukai kebebasan dan tidak suka diatur, ingin bekerja ringan tetapi dengan gaji yang besar, suka terlambat dan menunda-nunda pekerjaan.
Karakteristik tersebut menyebabkan orang tidak dapat mengatur waktunya dengan baik. Dalam bisnis modern salha satu isu paling penting adalah mengelola waktu karena merupakan sumber daya utama unruk meraih kesuksesan. Seseorang dapat menggunakan waktu kerja secara produktif sehingga dapat mengerjakan semua tugas dan tetap mendapatkan kekuatan untuk tugas selanjutnya merupakan tantangan penting bagi seorang pemimpin proyek maupun bagi seorang individu. Waktu adalah sumber daya yang pasti tetapi dapat dengan mudah berlalu tanpa dapat mengembalikannya untuk digunakan pada kesempatan berikutnya.
Seseorang perlu belajar dan berlatih menghemat waktu dan menggunakannya dengan benar, efisien dan efektif. Manajemen waktu yang efektif adalah salah satu yang dapat membantu melakukan hal-hal penting di setiap jam kerja. Di dalamnya, setiap individu atau pemimpin dapat menggunakan waktunya dengan baik, mengatur pekerjaan, mendelegasikan tugas, merencanakan kapan pertemuan perlu diadakan, melakukan rehabilitasi mental dan fisik yang efektif setelah melakukan kerja keras dan mengalami stres berat.
Ini adalah beberapa tugas pokok yang dapat dilakukan dengan baik jika diterapkan manajemen waktu yang baik. Individu yang suka menunda-nunda atau tidak efisien dalam menggunakan waktu disebut prokrastinasi. Prokrastinasi dapat dikatakan sikap menghindari pekerjaan karena tidak senang dengan pekerjaannya atau perasaan takut gagal tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Prokrastinasi banyak terjadi di berbagai lingkungan seperti rumah tangga, lingkungan sosial, pekerjaan, sekolah, dan lain sebagainya. Prokrastinasi merupakan perilaku spesifik yang meliputi: