Lihat ke Halaman Asli

Ronny Rachman Noor

TERVERIFIKASI

Geneticist

Pentingnya Notebook Charles Darwin yang Sempat Menghilang Selama 22 Tahun

Diperbarui: 6 April 2022   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Notebook Charles Darwin yang sempat hilang selama 22 tahun.  Photo: Cambridge University Library 

Nama Charles Darwin setelah menerbitkan bukunya yang berjudul "On the origin of Species" pada tanggal 24 November 1859 memang melegenda karena dianggap sebagai pencetus teori evolusi.

Teori evolusi itu sendiri utamanya yang menyangkut manusia  memang masih  mengundang pro dan kontra, namun sebagain  besar teori evolusi ini utamanya untuk tumbuhan dan hewan sedikit demi sedikit berhasil dibuktikan dan  diakui kebenarannya.

Membicarakan Charles Darwin memang selalu menarik untuk melihat pola pikirnya dalam proses menghasilkan teori evolusi tersebut.

Perjalananya panjangnya ke kepulauan Galapagos dengan sejumlah koleksi flora dan fauna yang sampai saat ini dapat dilihat di berbagai museum ternama dunia memang menunjukkan proses berpikir empiris Charles Darwin.

Salah satu kebiasaan Charles Darwin adalah mencatat dan menggambar semua temuannya secara rutin, sehingga dokumentasi propses pemikiran Darwin ini dapat diikuti dan  dilihat sampai sekarang.

Minggu ini dunia kembali dikejutkan karena notebook Charles Darwin yang telah dinyatakan dicuri pada bulan November 2020 lalu ternyata dikembalikan oleh orang misterius di dalam tas kertas ke perpustakaan Cambridge University.

Sebenarnya dicurinya dua notebook Charles Darwin ini terjadi pada akhir tahun 2000 lalu, namun baru secara resmi  dinyatakan hilang pada tahun 2020.

Notebook yang hilang tersebut dikebalikan dengan cara ditaruh ditempat umum di ruang salah satu perpustakaan pada tanggal  9 Maret 2022 lalu.


Pengembalian notebook yang merupakan bagian penting dari proses penelusuran teori evolusi ini  tentunya menjadi berita gembira karena notebook Darwin ini sangat penting bagi sejarah perkembangan ilmu pengetahun dan  berisi proses berpikir  Darwin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline