Lihat ke Halaman Asli

Ronny Rachman Noor

TERVERIFIKASI

Geneticist

Mengapa Presiden Ukraina Menggunakan Telegram sebagai Alat Propagandanya?

Diperbarui: 7 Maret 2022   08:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy  menggunakan Telegram sebagai wahana propagandanya.  Photo: AFP.  

Mungkin sebagian  dari kita pernah mengamati berbagai propaganda yang dilakukan oleh Presiden Ukraina sejak sebelum dimulainya perang Rusia-Ukraina sampai dengan saat ini ketika Rusia sudah melakukan serangan yang bertubi tubi ke berbagai wilayah Ukraina.

Video video propaganda presiden Ukrainia ini meluncur secara rutin dan menjadi popular karena menjadi sumber berita utama kantor berita mainstream dunia untuk memberitakan perang Rusia-Ukraina.

Video saat presiden Ukraina yang menggambarkan "kesantaian nya" di depan sebuah bangunan untuk memberikatan bahwa Ukraina aman aman  saja setelah Rusia menyerang menjadi tren pemberitaan dunia.

Video  lainnya yang menggambarkan situasi tempat berlindung di bawah tanah dan juga berbagai pernyataan seperti tentara Rusia berhasil dipukul mundur oleh penjyang Ukraina dengan jumlah korban mencapai ribuan tentara Rusia yang mati terus mengalir dari Presiden Ukraina ini.

Demikian juga seruan demi seruan agar rakyat Ukrainia berjuang  melawan pendudukan Rusia dengan menggunakan Molotov dan serangan grilya, serangan tentara Rusia yang digambarkan akan membuat bencana dunia dengan melakukan penyerangan ke  reaktor nuklir Ukraina menjadi acuan sumber berita dunia untuk menyudutkan Rusia.

Demikian juga video "kemarahan" presiden Ukraina ini  yang menyatakan bahwa Amerika dan NATO akan membunuh rakyat Ukraina karena tidak mau terlibat langsung dalam perang ini dan juga tidak mau memberlakukan  no flying Zone di wilayah Ukraina juga menjadi berita yang sangat menarik bagi pemberitaan mainstream yang sekarang bersatu padu untuk menumbangkan Rusia.

Video propaganda ini memang pada awalnya menjadi sangat menarik karena menggambarkan bagaimana Ukraina akan menang  melawan Rusia karena di berbagai wilayah ada perlawanan rakyat Ukrainia yang berhasil mengusir tentara Rusia.

Namun dengan berjalannya waktu  berbagai video propapanda yang meluncur dari presiden Ukraina tanpa ada saringan terlebih dulu untuk mempertimbangkan dampaknnya dan keberannya, tampaknya dunia mulai bertanya tanya terkait kebenaran klaim Presidan Ukraina ini.

Mungkin sebagian besar dari kita bertanya tanya aplikasi apa yang digunakan oleh presiden Ukraina ini untuk melalukan propogandanya dan mengapa  dia menggunakan aplikasi ini?

Telegram  Naik Daun

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline