Lihat ke Halaman Asli

Ronny Rachman Noor

TERVERIFIKASI

Geneticist

Pembuktian Hakuko sebagai Pesumo terbesar Sepanjang Masa

Diperbarui: 18 Juli 2021   20:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teknik bantingan satu tangan Hakuho yang spektakuler. Photo: Kyodo

Turnamen sumo Juli 20121  baru beberapa menit saja usai dengan menyajikan final yang sangat menarik dan jarang terjadi dan tentunya ditunggu tunggu ketika  Yokozuna Hakuho dengan rekor kemanangan turnamen 14-0 berhadapan dengan  Ozeki Terunofuji yang juga mencatat rekor kemenangan  yang sama yaitu 14-0.

Pertandingan final ini memang sangat ditunggu tunggu karena keduanya memiliki misi pembuktian jati dirinya masing masing.

Bagi Yokozuna Hakuho pertandingan final ini adalah pembuktian sekaligus pemenuhan rasa penasaran penggemarnya karena sejak bukan Maret 2020  lalu Hakuho memang  tidak mengikuti turnamen karena diterpa gelombang masalah cedera dan harus mengalami operasi  pemulihan  dan juga terkena Covid-19.

Dengan kondisi seperti inilah Hakuho tyerpaksa tidak mengikuti turnamen 6 kali berturut turut.

Bagi Terunofuji pertandingan final ini merupakan pembuktian dirinya bahwa kemenangan dirinya di turnamen sebelumnya karena prestasinya, bukan karena Hakuho tidak bertanding dan juga pembuktian bahwa dirinya dapat mengalahkan Hakuho yang melegenda.

Gaya bermain Hakuho yang biasanya tenang dalam setiap turnamen mendadak berubah  menjadi sangat agresif dalam menyerang lawannya dengan kerap melakukan tamparan ringan yang memang diperbolehkan dalam pertandingan sumo.

Keduanya memang memiliki segalanya termasuk postur yang ideal, teknik bertanding, kecepatan, kekuatan dan siasat sehingga sampai pertandingan berakhir sekalipun penonton belum terlalu yakin Hakuho dapat mengatasi Terunofuji yang sedang naik daun.

Di final pengalaman bertanding Hakuho yang sangat panjang membuktikan bahwa dirinya dapat mengalahkan mental Terunofuji.

Ketika Gyji (wasit sumo) memberikan aba aba pertandingan dimulai dan sah untuk dilanjutkan,  Hakuho menggunakan teknik yang selama ini jarang dipertontonkannya yaitu membakar emosi lawannya.

Hakuho maju seolah ingin melakukan tamparan ringan sehingga mengagetkan Terunofuji, namun pada kenyataannya Hakuho hanya menyentuh pelan wajah Terunofuji untuk selanjutnya dengan menggunakan momentum berat badannya yang sedang mengarah ke badan lawan,  Hakuho menggunakan lengannya menghantam dada atas Terunofuji.

Selanjutnya dengan kecepatan yang luar biasa Hakuho melakukan tamparan yang sebenarnya yang mengagetkan sekaligus menyulut emosi Terunofuji.  Dua kali Hakuhho sempat melakukan tamparan ringan ini dan diantara tamparan ini Terunofuji terpancing untuk melakukan tamparan ringan balasan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline