Lihat ke Halaman Asli

Ronny Rachman Noor

TERVERIFIKASI

Geneticist

Mencuatnya Overweight dan Obesitas Saat Tes Kesehatan Capres-Cawapres

Diperbarui: 14 Agustus 2018   09:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo: Merdeka.com

Dunia maya kembali menjadi ramai ketika setelah pemeriksaan kesehatan Pak Prabowo menyatakan bahwa dokter menganjurkan beliau untuk mengurangi berat badan 5 kg. Berbagai komentar berterbangan termasuk  komentar mengubungkannya dengan tidak sehatnya Pak Prabowo karena kegemukan.

Berbagai komentar awam ini memang dapat dimengerti karena tidak semua orang memahami apa yang dinamakan  overweight (kelebihan berat badan)  dan obesity (kegemukan).

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh badan kesehatan dunia WHO, orang yang mengalami kekemukan (obesity) di dunia meningkat 3 kali lipat sejak tahun 1975 lalu.

Data pada tahun 2016 menunjukkan bahwa lebih dari 1,9 milyar orang dewasa usia 18 tahun ke atas mengalami kelebihan berat badan (overweight).  Dari jumlah ini 650 juta diantaranya sudah tergolong kegemukan (obesity)

Jadi sebenarnya apa yang dianjurkan dokter kepada Pak Prabowo merupakan sesuatu yang umum dan tidak mengagetkan, bahkan mungkin saat membaca tulisan ini pun  kita  tidak menyadari bahwa diri kita termasuk dalam kategori kelebihan berat badan.

Populasi penduduk dunia yang berusia 18 tahun adalah populasi yang mengalami kelebihan berat badan terbanyak, yaitu mencapai 39%   (39% laki laki and 40% wanita)   dan 13 %  (11 % laki laki dan 15% wanita) diantaranya mengalami obesitas.

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa kematian yang diakibatkan oleh kelebihan berat badan dan obesitas justru lebih benyak jika dibandingkan dengan orang yang kekurangan berat badan.

Data tahun 2016 menunjukkan masalah kelebihan berat badan ini tidak hanya melanda kelompok umur remaja dan dewasa saja namun juga merambah ke kelompok anak anak. Sebanyak 41 juta anak anak dunia umur 5 tahun mengalami obesitas.  Lebih dari 340 juta anak anak usia 5-19 tahun mengalami obesitas.

Hal lain yang menarik adalah di Afrika jumlah anak di bawah usia 5 tahun yang kelebihan berat badan mencapai 50% sejak tahun 2000 lalu, sedangkan di Asia persentasinya hampir mencapai 50%

Meluruskan istilah overweight dan obesitas

Dalam bahasa awam kelebihan berat badan dan kegemukan didefiniskan sebagai akumulasi lemak yang berlebihan yang kemungkinan akan mengganggu kesehatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline