Lihat ke Halaman Asli

Ronny Rachman Noor

TERVERIFIKASI

Geneticist

Era Tinju Tanpa Sarung Tinju Bangkit Kembali Setelah 130 Tahun

Diperbarui: 2 Juni 2018   08:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pertandingan tinju tanpa sarung tinju bangkit kembali setelah 130 tahun. Kanan Reggie Barnett Jr salah satu petinju yang akan bertanding Photo: BBC

Sejarah mencatat pertandingan tinju tanpa sarung tinju   terakhir kalinya digelar  di Amerika sekitar 130 tahun yang lalu.

Ketika itu di  tahun 1889 dua petinju yang bernama  John L. Sullivan dan Jake Kilrain bertarung tanpa sarung tinju selama 75 ronde dan berakhir dengan kemenangan John L. Sullivan.  Peristiwa ini dikenal sebagai berakhirnya era pertandingan tinju tanpa sarung tangan karena dianggap barbar.

Petinju tanpa sarung tind\ju lagendaris Jim Corbett, John L. Sullivan dan Jake Kilrain Photo: AFP

Sejak peristiwa tersebut berbagai aturan terkait pertandingan tinju terus diperbaiki termasuk di dalamnya aturan menggunakan sarung tinju dan pengurangan jumlah ronde dan waktu setiap rondenya.

Jika ditelisik dari sejarahnya, sarung tinju yang juga dikenal sebagai mufflers pertama kali diperkenalkan di abad ke 18 untuk memberikan perlindungan bagi petinju.  Pada Abad ke 20 seluruh pertandingan tinju akhirnya diwajibkan menggunakan sarung tinju.

Namun setelah 130 tahun era tinju tanpa sarung tinju ini bangkit kembali ketika hari sabtu malam tangal 2 Juni 2018 mendatang waktu Amerika diadakan kembali pertandingan tinju tanpa sarung  tinju. 

Tidak tanggung tanggung dalam  pertandingan perdana yang menandai dihidupkannya kembali  pertandingan tinju tanpa sarung tinju ini akan menggelar 10 pertandingan termasuk satu diantaranya pertandingan yang melibatkan wanita. Pertandingan bersejarah ini akan diadakan di the Cheyenne Ice and Events Center.

Dia petinju yang akan berhadapan pada pertandingan sabtu mendtaanhg. Photo: AP Photo/Bob Moen)

Tampaknya dihidupkannya pertandingan tinju tanpa sarung tinju ini erat hubungannya dengan "kejenuhan" pencinta olah raga keras, karena setelah 25 tahun pertandingan UFC mixed martial arts sekalipun dianggap sudah biasa dan penggemar menginginkan sesuatu yang baru dalam olah raga super keras ini.

Banyak kalangan yang menganggap bahwa pertandingan tinju tanpa sarung tunju ini merupakan era baru sekaligus dapat memuaskan penggemar olahraga super keras ini

Bagaimana Aturannya?

Petinju hanya diperkenankan  melapisi pergelangan tangan dan ibu jarinya dengan lapisan pelindung saja, namun  di bagian tinjunya tidak boleh menggunakan pelindung.

Setiap pertandingan akan berlangsung selama 5 ronde dengan lama setiap rondenya masing masing 2 menit.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline