Lihat ke Halaman Asli

Ronny Rachman Noor

TERVERIFIKASI

Geneticist

4,4 Miliar Tahun Lalu Permukaan Bumi Ini Datar

Diperbarui: 9 Mei 2017   07:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mineral Zircon mulai terbentuk di bumi sekitar 160 milyar tahun lalu. Photo: Australian National University.

Membicarakan bumi tempat yang kita huni saat ini memang sangat menarik dan tidak pernah habis ceritanya. Sampai sampai ada kelompok yang mempercayai bahwa bumi ini datar tidak bulat seperti yang sudah dibuktikan oleh para ilmuwan.

Kali ini saya tidak akan masuk ke dalam perdebatan apakah memang ada bukti ilmiah bumi itu datar namun  ingin membawa angan kita bersama untuk kembali ke masa sekitar 700 juta  tahun lalu.  Bagaimana suasana bumi yang kita tinggali saat itu?

Membayangkan bumi kita 700 juta tahun lalu memang tidak dapat hanya didasari oleh intuisi, kayalan ataupun atas dasar wangsit, namun tentunya harus ada bukti ilmiahnya.

Pintu gerbang yang dapat digunakan sebagai titik awal kembali ke masa lalu ini adalah hasil temuan mineral yang sangat kecil yang dinamakan dengan zircon yang ditemukan oleh para peneliti dari Australian National University di batu berpasir di wilayah the Jack Hills di  Western Australia (sumber).

Mineral zircon diekstrasi dari batu berpasir ini. Photo. Australian national University.

Temuan ini memang sangat istimewa karena pecahan bebatuan ini adalah yang  tertua yang pernah ditemukan. Mineral zircon yang ditemukan di pecahan batu ini berumur 4,4 milyar tahun lalu.

Kendala terbesar bagi para ilmuwan dalam menentukan umur bumi dan juga suasana bumi di masa lalu adalah tidak adanya bebatuan di era awal pembentukan bumi yang berhasil selamat sampai saat ini. Dengan menelusuri keberadaan dan evolusi dari mineral zircon ini para ilmuwan dapat menghidupkan kembali sejarah dan suasana bumi tempat tinggal kita ini di masa lalu.

Sebaiknya kita tidak membayangkan bahwa bumi tempat tinggal kita ini sedinamis seperti saat ini.  Sekitar 700 juta  tahun lalu bumi ini  suasanya sangat berbeda.  Ketika itu permukaan bumi dapat dikatakan  sangat datar  karena tidak ada gunung gunung dan juga tidak ada tabrakan lempeng benua seperti yang terjadi saat ini.

Pelelehan endapan yang merupakan ciri khas adanya tabrakan lempeng antar  benua ini seperti hasilnya yang kita dapat lihat saat ini yaitu pegunungan Himalaya tidak terjadi di awal periode sejarah keberadaan bumi. Saat itu hampir semua permukaan bumi kita diliputi air dan hanya ada sedikit pulau pulau kecil saja.

Dengan mengamati evolusi mineral zircon ini, maka diperkirakan bahwa suasana bumi seperti ini sangat lambat  sekali mengalami perubahan  sampai dengan  kurun waktu 1,5 milyar tahun yang lalu saja .  Artinya bumi kita ini sangat lambat sekali mengalami evolusi sampai mencapai kondisi seperti yang kita jumpai saat ini.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, kapan mulai ada kehidupan di bumi ini? Dari berbagai temuan dan analisa, para ilmuwan dibuktikan bahwa kehidupan pertama di bumi ini ada sekitar 3,8 milyar tahun lalu.

Jadi ada benarnya juga pendapat bahwa bumi itu datar, namun dalam tidak dalam arti bumi secara keseluruhan. Bukti ilmiah memang menunjukkan bahwa bumi tempat tinggal kita ini  bulat berbentuk seperti bola, namun pernah suatu saat yaitu sekitar 4,4 milyar tahun lalu permukaan bumi ini hampir datar karena gunung gunung belum terbentuk.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline