Lihat ke Halaman Asli

Ronny Rachman Noor

TERVERIFIKASI

Geneticist

Indonesia Perlu Mewaspadai Bangkitnya Vietnam

Diperbarui: 25 Desember 2016   19:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siswa di Ho Chi Minh City ketika memperingati 40 tahun berakhirnya perang Vietnam.Sumber: EPA, www.bbc.com

Ketika hasil The Programme for International Student Assessment (Pisa) bulan ini dikeluarkan banyak negara maju dunia terperanjat dengan prestasi siswa Vietnam.

Tidak tanggung tanggung performa siswa Vietnam secara keseluruhan untuk kategori umur 15 tahun untuk bidang matematika, membaca dan sains mengalahkan performa siswa Jeman, Switzerland  dan Australia dalam bidang sains. Bahkan untuk bidang Sains dan matematika performa siswa Vietnam mengalahkan siswa Amerika.

Secara keseluruhan untuk bidang matematika dan sains prestasi siswa Vietnam menempati rangking ke 12 dunia. Kini dalam bidang pendidikan Vietnam sudah masuk dalam negara papan atas diantara 70 negara lainnya di dunia dalam kulitas pendidikannya.

Kenapa mereka maju?

Dalam bidang pendidikan tidak banyak orang mengetahui bahwa alokasi dana pendidikannya mencapai  21% dari total pengeluaran pemerintah. Pada intinya ada tiga hal yang membuat Vietnam melejit dalam bidang penddikan ini  yaitu: komitmen pemerintah, kurikulum yang fokus dan investasi besar untuk guru.

Secara tersistem pemerintah Vietman secara berkala meningkatkan kualitas guru dan juga siswanya. Kelas kelas pendalaman dilakukan secara massif di luar jam sekolah, yang memungkinkan siswa mengembangkan prestasi akademiknya.

Ada hal yang sangat menarik jika mengamati data performa siswa di negera Vietnam. Ternyata 17 % dari siswa termiskin Vietnam yang masuk dalam kategori siswa berumur 15 tahun menempati posisi 25% siswa terbaik  dalam test PISA ini.

Hal ini berarti bahwa pemerintah Vietnam memberikan perhatian khusus pada siswa miskinnya.

Mereka memang pekerja keras

Jika melihat dari data kemajuan Vietnam dalam berbagai bidang di bawah ini, sebenarnya orang tidak perlu terkejut karena memang dalam kurun waktu 25 tahun terakhir ini menurut bank dunia mengalami kemajuan pembangunan yang sangat luar biasa.

Saat dimulainya reformasi politik dan ekonomi pada tahun 1986, Vietnam masuk kategori negara sangat miskin.  Namun kini Vietnam merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan terpesat di dunia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline