Lihat ke Halaman Asli

Ronny Rachman Noor

TERVERIFIKASI

Geneticist

Buku Sains Terpopuler Tahun 2016 di Australia

Diperbarui: 16 Desember 2016   04:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membaca buku ilmiah populer tidak kalah asyiknya. Photo: www.sciencefriday.com

Memilih buku terbaik untuk direkomendasikan kepada khalayak umum merupakan pekerjaan yang tidak mudah, apalagi menyangkut buku yang berbau ilmiah alias sains.  Namun jika sains itu ditulis dengan cara yang menarik dengan topik yang menggoda, maka membaca buku sains tidak kalah asyiknya.

Hal inilah yang dilakukan oleh Dr George Aranda yang dalam kesehariannya adalah pengajar sekaligus peneliti dalam bidang pendidikan sains dan komunikasi sain dari Deakin University dalam merekomendasikan buku ilmiah populer ini.

Bagi anda dan keluarga pengemar sains, 5 buku berikut dapat dipertimbangkan dalam mengisi liburan akhir tahun anda kali ini.

Sumber: ABC

The Voices Within: The history and science of how we talk to ourselves

Penulis:  Charles Fernyhough

Buku bidang psikologi  ini memang sangat menarik karena topik pembahasan utamanya terkait  suara hati. 

Bagi sebagian orang,  suara hati sangat mempengaruhi hidupnya karena akan menentukan langkah yang diambilnya dalam hidup.  Namun pertanyaannya apakah suara hati ini dapat dibuktikan secara ilmiah keberadaannya?  Atau sebaliknya apakah suara hati ini merupakan pertanda yang diberikan oleh tubuh terkait dengan kondisi kesehatan mental?

Buku ini mengajak pembaca untuk mengeksplorasi memori sekaligus menyajikan sejarah munculnya fenomena suara hati, kaitannya dengan budaya dan psikologi serta peran neurophysiology dibalik suara hati.

Pertanyaan yang cukup mengelitik dari buku ini adalah : Apakah seorang yang mengalami gangguan pendengaran (tuli) juga dapat mendengar suara hati?

Sumber: ABC

Einstein's Greatest Mistake: The life of a flawed genius

Penulis : David Bodanis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline