Lihat ke Halaman Asli

Ronny Rachman Noor

TERVERIFIKASI

Geneticist

Misi New Horizons Menguak Misteri Pluto

Diperbarui: 16 Juli 2015   10:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

New Horizons kemaren berhasil mendekati Pluto. Photo: static1.squarespace.com

Bagi anda yang masuk dalam generasi jadul alias jaman dulu, tentunya masih ingat pelajaran ilmu bumi di sekolah yang menyebutkan bahwa planet dalam sistem matahari yang terjauh adalah pluto. Pluto sudah sejak lama dinyatakan sebagai planet terjauh dari matahari dan diklasifikasikan sebagai planet kerdil sebelum dilakukan eksplorasi yang lebih mendalam. Pluto digolongkan sebagai planet mini karena diameternya hanya 2360 km saja sedikit lebih besar dari perkiraan semula, sedangkan untuk mengelilingi matahari pluto butuh waktu 248 tahun.

Tadinya Pluto dinyatakan sebagai salah satu planet dari sistem matahari. Setelah 7 bulan New Horizons sebuah pesawat ruang angkasa super canggih  berukuran mini meluncur dari Cape Canaveral,  pluto oleh International Astronimical Union dikeluarkan dari posisinya sebagai planet yang ke 9 dengan alasan teknis. Pluto kini dikategorikan sebagai planet mini.  Keputusan ini menyebabkan hanya  8 planet yang masuk dalam sistem matahari  dimana Mercury kini menggantikan posisi pluto sebagai planetnya yang terkecil.

 

Tim peneliti Pluto bergembira ketika New Horizons mendekati Pluto. Photo: Bill Ingalls/AP

Eksplorasi untuk mengetahui pluto lebih dalam dimulai sekitar 10 tahun yang lalu ketika pesawat luar angkasa berbahan bakar nuklir dengan ukuran sebesar piano ini memulai perjalanannya menuju pluto yang berjarak sekirtar 4,8 milyar kilometer dari bumi. Pesawat ruang angkasa senilai $700 juta ini kemaren berhasil mencapai jarak terdekat dengan pluto yaitu sekitar 7750 mil atau hampir sama jaraknya antara New York di Amerika dan Mumbai di India.

Peta perjalanan New Horizons mencapai pluto. Ilustrasi : www.fromquarkstoquasars.com

Kejadian ini sangat langka dan bersejarah karena belum pernah ada pesawat luar angkasa yang dapat berada sedekat itu dengan pluto. Saat ini pesawat luar angkasa yang dinamakan New Horizons tersebut sedang sibuk mengambil gambar-gambar pluto dari jarak dekat dan diharapkan dalam 16 bulan ke depan seluruh data tersebut sudah dapat diolah dan dipubliasikan untuk mengenal kondisi pluto dengan lebih jelas. Diperkirakan photo-photo ini akan spektakuler dan membuka wawasan baru karena photo tersebut 10 kali lebih detail jika dibandingkan dengan gambar-gambar pluto yang pernah diambil sebelumnya.

Gambar yang diambil dari New Horizons 10 kali lebih detail dibanding dengan gambar yang pernah ada sebelumnya : Photo : romquarkstoquasars.com

Pluto kini dikeluarkan dari sistem matahari. Ilustrasi : 2paragraphs.com

Pemukaan Pluto yang bergunung dan dilapisi es. Photo: AFP
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline