Lihat ke Halaman Asli

Ronny Rachman Noor

TERVERIFIKASI

Geneticist

Ingin Panjang Umur? Ayo Makan Kacang Tanah

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Mengkonsumsi kacang tanah (tidak untuk selai kacang tanah dan kacang tanah bergaram)  secara rutin dapat mengurangi resiko kematian. Photo : ScienceDaily

Hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti dari Maastricht University yang dipublikasikan di International Journal of Epidemiology minggu ini menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang tanah sebanyak 10 gram (kira-kira setengah genggam) secara rutin per hari dapat mengurangi resiko kematian menjadi seperempatnya. Kacang tanah dapat melindungi orang dari resiko kematian penyakit kanker, serangan jantung dan penyakit pernafasan. Namun demikian perlu diperhatikan bahwa mengkonsumsi kacang tanah yang telah ditambahkan garam dan selai kacang tanah tidak memberikan manfaat seperti yang disebutkan di atas.

Mengapa kacang tanah memberikan maffat yang sedemikian besar? kandungan nutrisi dalam kacang tanah seperti lemak tidak jenuh, vitamin, serat dan antioksidannya dapat memberikan efek perlindungan bagi tubuh anda.

Hasil penelitan ini dinilai cukup valid, sebab melibatkan sebanyak 120 ribu orang dalam jangka waktu yang sangat panjang. Tidak tanggung-tanggung data yang dibuat untuk menyimpulkan hasil penelitian ini disamping melibatkan jumlah orang yang sangat banyak, juga telah dimulai sejak tahun 1986. Hal ini berarti bahwa penelitian ini telah memakan waktu selama hampir 30 tahun lamanya.

Kesimpulan yang dibuat dari penelitian ini adalah laki-laki dan wanita yang mengkonsumsi kacang tanah secara rutin rata-rata sebanyak 10 gram per hari selama 10 tahun memiliki resiko kematian akibat berbagai penyakit yang lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsinya.

Pengaruh positif dari mengkonsumsi kacang tanah ini memberikan perlindungan terbesar untuk resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit pernafasan. Selanjutnya diikuti dengan perlindungan terhadap degerasi syaraf, kanker dan penyakit jantung. Secara keseluruhan orang yang mengkonsumsi kacang tanah secara rutin sebanyak 10 gram per harinya memiliki resiko kematian 23% lebih rendah akibat penyakit tersebut.

Manfaat mengkonsumsi kacang tanah bagi kesehatan dinilai setara dengan kacang-kacangan yang dihasilkan dari pohon seperti almond dan walnut yang selama ini mendapat perhatian lebih dari para peneliti. Dari hasil penelitian ini ternyata kacang tanah yang diproduksi di bawah tanah pun memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

Sumber:

Piet A. van den Brandt, Leo J. Schouten. Relationship of tree nut, peanut, and peanut butter intake with total and cause-specific mortality: a cohort study and meta-analysis. International Journal of Epidemiology, June 2015




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline