Lihat ke Halaman Asli

PT Rahajeng Pangan Indonesia

Eat Right, Snack Right, Live Right

Ghumbar, Alternatif Sarapan Sehat dan Praktis untuk Masa Kini

Diperbarui: 27 Desember 2019   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang tidak pernah berhenti karena dinilai sangat menjanjikan, mengingat pangan merupakan kebutuhan dasar utama yang harus dipenuhi setiap saat bagi manusia. Saat ini, beras dan gandum masih menjadi bahan baku makanan pokok utama yang digunakan di Indonesia sampai produksi dalam negeri pun tidak mampu memenuhi permintaan sehingga pada akhirnya kegiatan impor dilakukan. 

Bagi orang Indonesia, makan tanpa nasi adalah suatu hal yang kurang. Bahan pangan pokok satu ini seolah-olah tidak dapat digantikan oleh apapun. Padahal, terdapat banyak pilihan makanan pokok yang dapat tumbuh di tanah Nusantara ini, salah satunya adalah Sorghum.

Sorghum adalah salah satu tanaman dari jenis rumput-rumputan, serupa dengan gandum, jagung, dan padi. Dibanding dengan beras, sorghum dinilai jauh lebih unggul dalam kandungan gizi. Sorghum memiliki kandungan vitamin B1, protein, fosfor, kalsium, dan zat besi yang lebih tinggi dibanding beras yang didukung oleh data Departemen Kesehatan. Sorghum juga dinilai baik untuk dikonsumsi bagi penyandang diabetes sebab kandungan gulanya yang cukup rendah. 

Ditambah lagi tanaman sorghum terbentang luas di Indonesia tetapi pemanfaatannya masih sangat minim, rata-rata sorghum hanya digunakan sebagai makan ternak. Dengan melihat tingginya permintaan beras sebagai bahan baku makanan pokok utama serta kurangnya pemanfaatan sorghum yang memiliki kandungan gizi dan vitamin yang lebih tinggi dibanding beras membuat kami memilih bisnis Ghumbar (Sorghum snackbar) sebagai ide usaha bisnis dalam mata kuliah Evaluasi Proyek yang kami tempuh selama semester 5 di Ilmu Administrasi Niaga, Universitas Indonesia.

Kami akan mendirikan suatu perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas dengan nama PT Rahajeng Pangan Indonesia. PT Rahajeng Pangan Indonesia adalah sebuah perusahaan yang memproduksi makanan sehat dengan berbahan dasar sorghum. Mengingat makanan kesehatan sudah mulai diinginkan oleh masyarakat dikarenakan masyarakat ingin kembali ke pola hidup yang sehat. Salah satu produk yang coba kami tawarkan adalah snackbar. 

Snackbar identik dengan makanan kaya akan serat sehingga dipercaya menjadi snack sehat seperti visi perusahaan kami yaitu, "Memproduksi snack ringan yang sehat, kaya akan serat, dan praktis". Selain berbahan dasar sorghum, snackbar kami diperkaya dengan bahan penolong seperti kayu manis, madu, kacang mete yang mudah ditemukan di Indonesia dan tentunya memiliki manfaat yang tidak kalah banyak. Dengan bahan utama dan penolong yang murah, mudah didapat, dan memiliki banyak manfaat, membuat Snackbar sorghum kami menjadi ide produk yang sangat potensial.

Dalam promosi Ghumbar, kami memilih untuk melakukan promosi di media sosial dengan gencar, salah satunya adalah dengan menggunakan jasa endorsement melalui influencer kebugaran dan kesehatan. Kami juga akan menjual produk kami dengan didistribusikan ke retail tempat fitness, dan e-commerce. Selain itu, kami juga terus melakukan inovasi agar terus mengeluarkan varian rasa buah buahan maupun variasi ukuran untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Pada rencana jangka pendek kami, kami akan memasarkan produk ke wilayah JABODETABEK yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Selanjutnya pada rencana jangka menengah, kami akan memasarkan produk kami ke beberapa kota-kota besar yang ada di Indonesia dan pada perencanaan jangka panjang, kami akan memasarkan produk ke beberapa wilayah Asia-Pasifik dan Australia. Wilayah tersebut meliputi, Singapura, Malaysia, Thailand, China, Korea, Jepang dan Australia.

Prospek bisnis PT Rahajeng Pangan Indonesia sendiri sangat menjanjikan dimana nilai investasi seperti NPV (Net Present Value) sebesar Rp3.018.820.136,62 IRR (Internal Rate of Return) PT Rahajeng Pangan Indonesia sebesar 50,44%, dimana nilai IRR tersebut berada diatas discount factor usaha sebesar 10%. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis yang akan dijalankan ini adalah layak. Berdasarkan angka tersebut, maka payback periodnya adalah 1 tahun 9 bulan. Sangat menjanjikan, bukan? Jadi tunggu apa lagi? Ayo investasi di PT Pangan Rahajeng Indonesia!

-PT Rahajeng Pangan Indonesia-

Eat Right, Snack Right, Live Right

Contact:
Email: rahajengpanganindonesia@gmail.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline