Lihat ke Halaman Asli

Mau Lulus USM STAN 2013?

Diperbarui: 24 Juni 2015   17:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) adalah perguruan tinggi kedinasan yang membuka program studi untuk jenjang Diploma I, III, dan IV. Tahun ke tahun STAN selalu membuka kesempatan kepada lulusan SMA sederajat untuk mengikuti Ujian Saringan Masuk STAN / USM STAN. Sayangnya, tahun kemarin STAN tidak mengadakan USM tersebut, setelah tahun sebelumnya STAN hanya membuka program Diploma I Jurusan Kepabeanan dan Cukai dan Diploma I Jurusan Perpajakan.

Bagaimana dengan tahun ini?

Menurut informasi yang penulis dapatkan, tahun ini STAN akan membuka kembali program Diploma I dan III untuk lulusan SMA sederajat. Terlebih lagi ada informasi bahwa persetujuan DPR atas penambahan pegawai Direktorat Jenderal Pajak, sebagian akan dipenuhi melalui USM STAN. Jadi, tahun ini ada kemungkinan STAN kembali membuka program perkuliahan reguler.

Yakin masuk STAN? Mengapa tidak masuk melalui penerimaan CPNS jenjang Sarjana?

Ada plus minus ketika kita memilih menjadi PNS Kementerian Keuangan, BPK, BPKP dan instansi lain dengan cara berkuliah di STAN.

Keuntungan: [1] Bisa memilih jurusan yang diinginkan [2] Setelah lulus diberikan kesempatan mengisi kuesioner untuk meilih instansi (tidak semua jurusan) [3] Setelah lulus STAN otomatis memenuhi syarat untuk menjadi CPNS (tinggal menunggu pengangkatan definitif [4] GRATIS [5] Lokasi STAN dan Balai Diklat Keuangan yang pada umumnya terletak di lokasi berbiaya hidup rendah [6] Berkesempatan melanjutkan kuliah di STAN kembali ( lulusan DI melanjutkan DIII Khusus, Lulusan DIII melanjutkan DIV)

Ke'rugi'an: [1] Dibandingkan pegawai penerimaan Sarjana lulusan STAN akan mendapatkan golongan ruang PNS yang lebih rendah. Lulusan Diploma I --> IIa dan lulusan Diploma III --> IIc. Sedangkan lulusan Sarjana akan mendapatkan golongan ruang IIIa. Hal ini akan membuat peningkatan karir lulusan STAN tidak secepat para Sarjana. Tapi di balik itu ada keuntungan yaitu saat menjadi pelaksana, lulusan STAN akan lebih mengetahui detail pekerjaan pelaksana. Sehingga saat menjadi pimpinan kelak ia akan mengetahui secara menyeluruh dan detail profil pekerjaan di suatu kantor.

Tentu saja, ketika lulus Sarjana dan mendaftar menjadi pegawai Kementerian Keuangan ada kemungkinan tidak lulus. Maka menjadi CPNS melalui STAN masih menjadi pilihanyang sangat menjanjikan. Pilihan kembali kepada diri kita.

Syarat Masuk STAN apa saja?

Ada detail teknis yang akan berbeda pada tiap tahun penerimaan mahasiswa STAN. Namun begitu, secara umum syarat mengikuti USM STAN adalah:

a. Nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 7.00 (tujuh koma nol nol)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline