Lihat ke Halaman Asli

Mohamad Rozkit Bouti

Trying Everything

Berkenalan dengan Introvert

Diperbarui: 28 Maret 2023   14:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.pexels.com/id-id/

Dewasa ini, introvert menjadi momok yang kurang enak di dengar oleh beberapa kalangan. Seakan dengan tipe kepribadian introvert menjadikan seseorang seperti orang yang pendiam, tertutup, dan anti sosial. Padahal tidak sesimpel demikian.

Berangkat dari anggapan seperti itu, akhirnya membuat beberapa pihak yang mengafirmasi hal tersebut. Mari kita coba meluruskan anggapan simpang siur tentang kepribadian introvert, agar kita tidak terlalu lama terjerumus dalam anggapan ngawur.

Apakah anda merasa memiliki kepribadian introvert?

Apakah orang introvert memang anti sosial?

Apakah orang introvert tidak peduli dengan dunia luar?

Berkenalan dengan Introvert

Sedikit kita menggali tentang awal mula ada istilah Introvert dan ekstrovert. Dua kepribadian tersebut merupakan istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Carl Gustav Jung pada tahun 1920-an. Tipe kepribadian ini melihat sudut pandang seseorang dari caranya mendapatkan atau menghabiskan energi.

Maksud energi disini adalah bentuk kekuatan yang datang dari dalam atau luar individu. Untuk kepribadian introvert sumber energi dihasilkan dari dalam dirinya.

Coba kita disclaimer di awal, bahwa klasifikasi kepribadian menurut Jung bukan menjadi sebuah ukuran yang pasti untuk seseorang. Karena setiap orang pasti memiliki sisi introvert dan ekstrovert, namun ada salah satu kadar kepribadian yang lebih menonjol.

Orang dengan kepribadian introvert yang menonjol bisa dikatakan dengan thoughtful activities. Artinya perputaran energi digunakan dalam aktifitas seperti merenung, berimajinasi, dan berbagai hal yang dilakukan oleh dirinya sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline